Jakarta — Neta Auto Indonesia (NAI) memastikan akan meluncurkan model baru pada tahun 2025. Strategi ini sejalan dengan komitmen lokalisasi NAI melalui pendekatan “Dari Indonesia, Untuk Indonesia”.
Model baru Neta tersebut dirancang khusus untuk pasar Indonesia dengan semangat pengembangan lokalisasi produk. Model baru ini dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan serta preferensi pengemudi lokal, menawarkan pengalaman EV (electric vehicle) yang ditingkatkan dan menyesuaikan dengan kondisi berkendara di Tanah Air.
Neta L boleh jadi merupakan model yang dimaksud di atas. Model yang diluncurkan pada 2024 Spring Launch Event lalu ini merupakan range-extender SUV pertama mereka dan SUV pertama dari platform Shanhai.
Neta L merupakan perpanjangan dari rumah, ruang tinggal yang dapat dipindahkan. Kendaraan ini dapat digunakan sebagai kendaraan listrik murni untuk penggunaan sehari-hari, yang mudah dikendarai dan membuat perjalanan menjadi ekonomis. Sementara di akhir pekan, kendaraan ini berfungsi sebagai kendaraan hibrida untuk perjalanan, yang memungkinkan pengguna untuk pergi ke mana saja.
Dengan kemudahan pengisian daya seminggu sekali dan pengisian ulang bahan bakar hanya dua kali setahun, Neta L menciptakan “rumah saat bepergian” yang memungkinkan pengguna untuk bepergian lebih jauh.
Neta L dilengkapi dengan sistem range-extender (perluasan jangkauan) HOZI 2.0 baru, yang menampilkan awal pergerakan dengan listrik serta mesin 4-silinder siklus Atkinson 1,5 L yang kompatibel dengan bensin oktan 92 biasa. Mobil ini menawarkan konsumsi bahan bakar rendah sebesar 4,85 L/100 km (20 km/liter) dan efisiensi minyak terhadap listrik sebesar 3,26 kWh/L.
Jarak tempuh mobil ketika hanya menggunakan listrik sejauh 200 kilometer. Namun, perpaduan baterai dari CATL dan mesin bensin bisa mengantarkan pemiliknya menjelajah hingga 1.070 kilometer.
Selain itu, SUV ini memiliki motor lilitan kawat datar terdepan di industri, fungsi penggerak langsung darurat, pengisian daya cerdas tiga tingkat, dan Vanguard Energy-Saving Mode yang inovatif. Mobil ini menggunakan sistem manajemen termal suhu konstan HozonEPT4.0 yang canggih untuk mencapai efisiensi bahan bakar dan kenyamanan, memastikan perjalanan tanpa batas bagi pengguna.
Sistem suspensi chasiss-nya menggabungkan penyangga MacPherson paduan aluminium di bagian depan dan suspensi independen lima tautan di bagian belakang, yang dirancang khusus untuk skenario keluarga. Struktur ini menghasilkan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan pengendalian (handling), sehingga menjadikannya ideal untuk keluarga.
Mobil dengan radius putar minimum 5,37 meter ini mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dengan fitur-fitur seperti kaca kedap suara dua lapis di bagian depan, 33 ruang penyimpanan, dan slot smarphone terbesar di kelasnya: slot panel pintu ekstra panjang 13,4 cm. Glove box penumpang belakang berkapasitas 16 liter dengan mudah menyimpan ransel dan perlengkapan rias. Terdapat sebuah refrigerator 6,6 liter untuk mendinginkan/menghangatkan minuman.
Jok-jok depan bisa diatur multi-arah secara elektrik, berpemanas. Pabrikan pun melengkapi jok penumpang dengan fitur pemijatan.
Neta berencana akan meluncurkan versi listrik murni Neta L selain varian range-extender. Kita tunggu saja versi mana yang akan hadir di Indonesia. ##