TANGERANG — Modifikasi Honda WR-V RS hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Ini merupakan kreasi rumah modifikasi The Elite.
Modifikasi Honda WR-V RS ini mnyemburkan aura sporty dan bertujuan lebih mendekatkannya kepada anak-anak muda.
Hasil modifikasi Honda WR-V oleh The Elite mengusung konsep Street Racing, dengan tampilan semakin sporty namun tetap tangguh dan elegan selayaknya sebuah SUV. Tampilan modifikasi meliputi stiker Honda berwarna merah-putih di bagian kaca depan layaknya yang memberikan tampilan sebuah mobil balap, dilengkapi dengan tambahan front diffuser yang dibuat lebih sporty.
Pada bagian samping mobil menggunakan wheels serta suspensi coil spring, side skirt serta body striping decal. Sementara pada bagian belakang mobil juga menampilkan penambahan body kit yang semakin mempertegas ciri khas sporty dengan custom rear spoiler, rear diffuser serta muffler.
“Setiap lini produk Honda mempunyai DNA yang sporty terlebih untuk produk Small SUV kami seperti Honda WR-V. Kami menampilkan bentuk kolaborasi modifikasi untuk Honda WR-V RS dengan The Elite untuk memberikan kesan sporty untuk para pengunjung khususnya konsumen kami dimana produk ini juga dapat menjadi pilihan anak muda serta keluarga muda yang aktif,” kata Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).
Honda WR-V diluncurkan di Indonesia pada November 2022. Sebelum menjadi mobil versi produksi, Honda mengenalkannya sebagai Honda SUV RS Concept. Model ini melengkapi jajaran SUV Honda yang sukses dengan Honda CR-V, Honda HR-V dan Honda BR-V.
Meski sebagai compact SUV, Honda WR-V RS dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi Honda SENSING yang meliputi:
- Collision Mitigation Brake System™, merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan
- Auto-High Beam (pertama di kelasnya), sistem ini secara intuitif menggunakan lampu besar ketika penerangan minim dan tidak ada kendaraan di depan maupun arah berlawanan dan berganti menjadi lampu normal tergantung pada kondisi jalan
- Lane Keeping Assist System (pertama di kelasnya), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur
- Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan didepannya mulai menjauh
- Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar
- Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti
Honda WR–V menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4-silinder segaris DBW, 16-katup yang memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya. Transmisi CVT dengan teknologi G-design shift yang menghasilkan performa akselerasi bertenaga serta memiliki efisien bakar yang meningkat sebesar 4%. ##