Tangerang — Jika Anda merasakan mobil-mobil perkotaan listrik (electric city car) yang beredar saat ini membosankan, tunggu saja Honda Super EV Concept. Model ini dirancang untuk menawarkan para penggunanya sensasi berkendara menyenangkan, mendebarkan dan memacu adrenalin khas Honda.
Honda Super EV Concept memiliki tubuh yang ringkas, bobot ringan, dan desain aerodinamis. Meski berukuran compact, Honda Super EV Concept menyodorkan kabin lapang berkat konsep “man maximum, machine minimum” atau M/M, yaitu memaksimalkan ruang untuk penumpang dan meminimalkan ruang untuk komponen-komponen mekanis.
Konsep M/M merupakan pendekatan dasar desain mobil Honda yang ditetapkan oleh para insinyur Honda setelah pertimbangan matang dalam upaya mencapai desain mobil ideal sambil berpikir di luar kotak. Berdasarkan konsep ini, Honda selalu mengutamakan kepuasan para pelanggan dan mengembangkan kendaraan-kendaraannya untuk mewujudkan nilai yang diharapkan para pelanggan dari mobil-mobil Honda pada tingkat yang melampaui ekspektasi mereka.
Honda N360 menjadi model pertama Honda yang mengadopsi konsep M/M. City car ini diperkenalkan Honda ke pasar (Jepang) pada Maret 1967.

Kembali ke Honda Super EV Concept. Honda memperkaya kabin mobil dengan berbagai fitur yang memberikan kenyamanan dan pengalaman seru, bahkan untuk penggunaan sehari-hari.
Jika Anda penasaran dengan mobil listrik ini silakan kunjungi booth Honda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.
“Honda Super EV Concept merupakan cerminan komitmen global Honda untuk terus menghadirkan kendaraan listrik yang tidak hanya efisien dan ramah lingkungan, tetapi juga tetap menyenangkan untuk dikendarai. Dengan model ini, kami ingin menunjukkan bahwa mobil listrik masa depan dari Honda tetap membawa semangat Fun to Drive yang selalu menjadi ciri khas kami,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).
Sebelum tampil di GIIAS, mobil konsep ini tampil perdana dunia di Goodwood Festival of Speed 2025, pada 10-13 Juli lalu, di Inggris, lengkap dengan sesi hillclimb yang menunjukkan kemampuannya melibas lintasan menanjak. Honda juga telah melakukan uji jalan di Inggris sebagai bagian dari pengembangan menuju masa depan, termasuk potensi untuk diproduksi massal secara dunia.
Konsep M/M (Man Maximum, Machine Minimum)
Konsep ini hadir untuk mengejar ketertinggalan Honda memasuki dunia permobilan. Honda, awalnya merupakan produsen sepedamotor, berhasil menembus pasar otomotif pada Agustus 1963 dengan memperkenalkan minitruk T360 di Jepang. Dua bulan kemudian, pada Oktober 1963, Honda memperkenalkan S500, sebuah mobil sport atap terbuka dengan dua tempat duduk.

Untuk memperkuat posisinya di pasar otomotif, Honda perlu menawarkan mobil penumpang yang dapat diterima oleh lebih banyak pelanggan. Hal ini mendorong pengembangan Honda N360. Sebagai pendatang baru di pasar kendaraan mini, Honda perlu menawarkan kendaraan dengan daya tarik yang tidak dimiliki para pesaing. Pada saat itu, wajar jika kendaraan-kendaraan mini memiliki kabin sempit. Oleh karena itu, tim pengembangan Honda berupaya mengamankan ruang kabin seluas mungkin dalam kerangka kendaraan mini saat itu, dengan panjang keseluruhan kendaraan 3 meter dan lebar 1,3 meter.
Untuk memastikan empat orang dewasa dapat duduk dengan nyaman, desain Honda N360 dimulai dengan bagian kabin. Untuk memaksimalkan ruang kabin, mesinnya harus berukuran kecil. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, mesin SOHC 2-silinder yang ringkas, ringan, dan berpendingin udara dikembangkan, dan tata letak FF (mesin-depan/penggerak roda-depan) dipilih untuk N360. Berbeda dengan FR (mesin-depan/penggerak roda-belakang), yang menempatkan mesin di depan dan hanya menggerakkan roda-roda belakang, sistem FF menghilangkan kebutuhan untuk menempatkan poros baling-baling di bawah lantai, sehingga memungkinkan ruang kabin lebih luas. Transmisi 4-percepatan yang ringkas, ditempatkan sejajar di samping mesin, dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang dikumpulkan oleh Honda dalam pengembangan sepedamotor.
Pada Mei 1967, hanya dua bulan setelah dimulainya penjualan di Maret, Honda N360 menjadi kendaraan mini terlaris di Jepang dengan penjualan 5.571 unit, kemudian mempertahankan status kendaraan mini terlaris selama 44 bulan berikutnya. ##