Jepang – Penjualan Datsun telah meraih 300.000 unit di seluruh dunia, terhitung sejak penjualan mobil Datsun pertama di abad ke-21, yakni Datsun GO, di India.
“Datsun merayakan tonggak sejarah baru – 300.000 pelanggan telah memilih mobil Datsun sejak kembalinya merek ini pada Maret 2014. Ini adalah periode yang singkat dalam perjalanan sejarah kendaraan, apapun mereknya – namun sejak awal, kami telah membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan masa depan,” ujar Jose Roman, Corporate Vice President dan Global Head of Datsun.
Baca juga : Datsun Cross 2018 dengan Harga & Fitur Menggoda
Dalam waktu kurang dari empat tahun sejak memulai produksinya, Datsun telah memperkenalkan 5 model baru (Datsun GO, Datsun GO+, Datsun Redi-GO, Datsun On-Do, Datsun Mi-Do). Hari ini, Datsun memproduksi mobil di 3 pabrik yang berlokasi di India, Rusia, dan Indonesia.
Sampai dengan Januari 2018, Datsun telah hadir di 14 pasar global, termasuk India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Utara – yang merupakan empat pasar utama pertama dan terbesar untuk Datsun.
Datsun redi-GO urban cross menjadi mobil laris di India. Mobil ini diluncurkan pada Juni 2016, dan sejak itu Datsun telah memperkenalkan sejumlah versi khusus, salah satunya dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat pada Juli 2017. Datsun kini sedang menyiapkan peluncuran versi baru lagi yang dilengkapi transmisi AMT pada bulan ini dan di Rusia, Datsun baru saja meluncurkan mesin 16v yang lebih bertenaga, untuk Datsun on-DO dan Datsun mi-DO.
Pembaruan produk Datsun secara global juga diterapkan di Indonesia, dengan diluncurkannya compact cross-over, Datsun CROSS, pada minggu lalu.
“Merek yang kuat bukan dibangun oleh perusahaan, melainkan oleh orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka yang memproduksi kendaraan tersebut, mereka yang mengendarainya sehari-hari dan mereka yang membuat pengalaman memilikinya menjadi sesuatu yang berharga. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam perjalanan Datsun hingga kini. Kami juga berkomitmen untuk terus memperkaya pengalaman pelanggan bersama Datsun,” jelas Jose.
Terlepas dari prestasi Datsun di dunia terutama di India, penjualan Datsun di Indonesia terbilang harus berjuang lebih keras lagi untuk bertempur dengan model-model LCGC.##