TURIN – Nissan berkolaborasi dengan Italdesign menciptakan prototipe Nissan GT-R50 by Italdesign. Berbasis Nissan GT-R NISMO 2018, supercar eksklusif ini untuk merayakan setengah abad GT-R dan Italdesign.
Eksterior Nissan GT-R50 by Italdesign menampilkan elemen emas dari depan hingga ke belakang. Kap mesin memiliki tonjolan. Lampu depan LED tipis membentang dari lengkungan roda ke bibir di atas intake-intake pendinginan luar.
Kabin dihiasi dua lapisan serat karbon secara luas digunakan di konsol tengah, panel instrumen dan pelapis pintu, bersama dengan Alcantara hitam dan kulit Italia hitam halus di kursi. Aksen emas di seluruh panel instrumen, pintu, dan dashboard yang terinspirasi mobil balap futuristik. Central hub dan palang-palang setir terbuat dari serat karbon, sementara di bagian bawahnya datar (flat bottom).
NISMO telah menajamkan mesin 3.8-liter V6 VR38DETT buatan tangan untuk menghasilkan perkiraan 720 PS dan torsi 780 Nm. Beberapa pengubahan yang dilakukan yakni penggunaan heavy-duty crankshaft, pistons, connecting rods dan bearings; mengoptimasi turbocharger dan menggunakan intercooler lebih besar; revisi profil camshaft; dan lain-lain.
“Meskipun ini bukan GT-R generasi berikutnya, ini adalah perayaan menarik dari dua institusi yang berlungtahun dengan cara provokatif dan kreatif,” kata Alfonso Albaisa, Nissan’s senior vice president for global design.
Nissan GT-R50 by Italdesign akan tampil perdana di Eropa pada Juli 2018. Eksterior dan interior diolah oleh Nissan Design Europe in London dan Nissan Design America.
Nissan GT-R 50 by Italdesign prototype key specifications | |
Base vehicle | Nissan GT-R NISMO |
Overall length | 4784mm / 188.3 inches (Standard NISMO: 4690 mm / 184.6 in) |
Overall width | 1992mm / 78.4 inches (Standard NISMO: 1895 mm / 74.6 in) |
Overall height | 1316mm / 51.8 inches (Standard NISMO: 1370 mm / 53.9 in) |
Wheelbase | 2780mm / 109.4 inches (identical) |
Engine | 3.8-liter VR38DETT by NISMO;
720 ps (estimated) @ 7100 rpm 780 N-m (estimated) @ 3600-5600 rpm |
Driveline | Mid-mounted front engine / rear transaxle ATTESA E-TS all-wheel drive |
Gearbox | Reinforced dual-clutch sequential 6-speed rear transaxle |
Suspension | BILSTEIN DampTronic® I damping system |
Brakes | Brembo, with 2-piece floating drilled disc
Front: 6-piston monoblock caliper; 390 x 32.6 mm Rear: 4-piston monoblock caliper; 380 x 30mm |
Wheels (inches) | Front: 21 x 10J
Rear: 21 x 10.5J |
Tires | Michelin Pilot Super Sport; Front: 255/35 R21 Rear: 285/30 R2 |