Jakarta — Hanya berselang enam hari dari pengumuman rencana recall 463.891 unit lima model Honda di Indonesia pada tanggal 26 Januari 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan lagi rencana recall yang disebutnya kampanye product update (PUD).
Kamis (1/2/2018) Honda Indonesia kembali mengirimkan rilis resmi soal kampanye penggantian parts untuk model Honda Odyssey dan Honda Accord rentang produksi 2013 sampai 2017.
Hanya saja kali ini jumlahnya tidak sedahsyat program recall minggu lalu. Mencakup 4.711 unit, masing-masing 3.213 unit Honda Accord dan 1.498 unit Honda Odyssey.
Disinyalir kedua model produksi tahun 2013-2017 tersebut mengalami masalah pada komponen switch door mirror, sehingga Honda Indonesia merasa perlu untuk melakukan penggantian, mencegah kemungkinan terjadinya keadaan spion mobil menutup sendiri saat berkendara atau saat memarkir kendaraan. Kondisi tersebut jelas sangat membahayakan pengendara maupun penumpang.
Honda juga menyebutkan bahwa kampanye ini adalah bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor Co., Ltd.
“Kampanye ini sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada konsumen. Konsumen yang kendaraannya terdampak berhak mendapatkan penggantian komponen,” sebut Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.
Sama dengan kampanye sebelumnya, proses penggantian parts berlangsung selama enam bulan (1 Februari – 1 Agustus 2018) dengan proses memakan waktu selama 30 menit.
Disebutkan bahwa penggantian parts tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Jadi bila Anda merasa memiliki Honda Odyssey atau Honda Accord produksi 2013-2017, sebaiknya segera periksakan kendaraan tersebut ke bengkel resmi Honda terdekat. (Dji Endee)