Milton Keynes — Motor berdesain retro masih digemari oleh banyak bikers. Itulah yang membuat Suzuki Motor Corporation meluncurkan Suzuki GSX-8T serta Suzuki GSX-8TT.
Suzuki GSX-8T terinsipirasi dari gaya motor klasik tahun 1960-an dan 1970-an, seperti Suzuki T500 yang ikonis. Sementara Suzuki GSX-8TT membangun platform lebih jauh tetapi dengan inspirasi yang datang dari sepedamotor balap fairing pada masa itu, seperti superbike Yoshimura GS1000 AMA legendaris.
Kedua model menggunakan mesin kembar paralel 776cc dengan desain poros engkol 270°, yang memberikan tenaga penggerak dan tenaga rendah tak tertandingi, sementara cam overhead ganda dan empat katup per silinder memungkinkan putaran bebas. Mesin ditempatkan dalam rangka baja twin-spar dengan subframe ringan yang terpisah.
Masing-masing model memiliki tenaga 82.9PS pada 8500rpm, sedangkan torsi 78Nm pada 6800rpm.
Rangkaian elektronik terdiri dari kontrol traksi, mode daya, quickshifter dua arah, dan layar TFT berwarna.

8T maupun 8TT mendapatkan tangki bahan bakar baru, jok, unit jok, dan setang lengkap dengan kaca spion ujung setang. 8T mengadopsi lampu depan bundar baru dengan pencahayaan LED penuh, memadukan teknologi modern dengan gaya klasik. 8TT menambahkan penutup lampu depan yang lebih dari sekadar mirip dengan mesin balap jalan raya antik dari tahun 70-an dan 80-an.
Mereka menggunakan tangki bensin baru berkapasitas 16,5 liter, yang menghubungkan setiap sisinya ke selubung (shrouds) radiator baru – disikat perak pada 8T dan hitam pada 8TT – dihiasi dengan logo GSX8 melingkar.
Suzuki GSX-8T mengadopsi desain lampu depan melingkar dengan bagian bawah datar semakin mengingatkan pada sepedamotor tahun 70-an dan 80-an, meski sudah menggunakan LED penuh dengan strip LED horizontal terang di bagian tengah.
Terinspirasi oleh mesin balap jalan raya klasik, Suzuki GSX-8TT mempertahankan lampu depan yang sama dengan 8T tetapi membungkusnya dalam penutup yang sangat mirip dengan GS1000S dari akhir tahun 1970-an. Dilengkapi dengan layar yang semakin melengkapi tampilan, serta memberikan manfaat fungsional berupa perlindungan cuaca tambahan.
Di bawah mesin paralel twin 776cc, 8TT juga mengadopsi cowling yang lebih rendah, yang semakin meningkatkan estetika balapnya.
Jok baru, yang terinspirasi dari jok tuck-and-roll tahun 1960-an dan 70-an, dipasang di bagian atas subframe Suzuki GSX-8T. Jok ini dilengkapi bantalan busa kepadatan tinggi untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berkendara premium. Selain itu, bentuk jok depan meningkatkan kemudahan pemasangan dan pelepasan serta memberikan jangkauan kaki yang sangat baik.
Sementara jok Suzuki GSX-8TT tetap memastikan pengendaraan yang nyaman tetapi dilengkapi dengan bagian atas lebih datar, di mana lebih mengingatkan pada jok motor balap.
Kedua model menggunakan rangka baja dan subrangka yang sama, serta lengan ayun aluminium. Keduanya ditopang oleh garpu KYB terbalik – emas pada 8T dan hitam pada 8TT – dan shock belakang KYB. Setang aluminium yang lebar dan meruncing memberikan posisi berkendara menarik dan nyaman, menawarkan banyak daya ungkit untuk masukan kemudi. Tenaga pengereman berasal dari cakram ganda 310 mm di depan dengan kaliper Nissin yang dipasang secara radial, dan cakram 240 mm di belakang.
Harga Suzuki GSX-8T £9,599 (sekitar Rp212,2 juta) dan harga Suzuki GSX-8TT £9,999 (sekitar Rp221 juta), di Inggris. ##