TANGERANG — Astra Financial menorehkan pencapaian positif pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Selama 11 hari pameran berlangsung pada 24 Juli hingga 3 Agustus, di Kabupaten Tangerang. Astra Financial mencatatkan total transaksi sebesar Rp 2,4 triliun, atau melampaui 111,5% dari target Rp 2,2 triliun, serta berhasil membukukan 6.406 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).
Capaian ini merupakan hasil kolaborasi dari sembilan unit bisnis Astra Financial yakni FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Moxa, SEVA, dan Bank Saqu. Mereka menghadirkan layanan yang mencakup berbagai kebutuhan para pengunjung pameran otomotif tersebut dalam hal pembiayaan, asuransi, hingga layanan keuangan digital. Secara sinergis mereka memberikan para pengunjung kemudahan-kemudahan dalam mewujudkan kepemilikan kendaraan melalui solusi keuangan yang terintegrasi.
- ACC dan TAF yang menawarkan layanan pembiayaan mobil membukukan pencapaian sebesar 108% dari target dengan nilai transaksi sebesar Rp 2.4 triliun dari 5.560 SPK.
- Pembiayaan sepedamotor yang ditawarkan oleh FIFGROUP berhasil melampaui target, dengan pencapaian sebesar 119,2% atau senilai Rp 13,1 miliar. Tercatat sebanyak 513 SPK terbentuk, melampaui target dengan capaian sebesar 102,6%.
- Asuransi Astra melalui produk asuransi mobil Garda Oto berhasil mencatatkan perolehan premi senilai Rp 2,6 miliar meraih pencapaian 170,1% dari target yang dicanangkan selama GIIAS Tangerang 2025.
- Sementara itu, Astra Life juga mencatatkan pencapaian asuransi jiwa kredit sebesar 130% terhadap target dengan nilai transaksi sebesar Rp 2,5 miliar.
- Penyedia layanan electronic money Astra Financial, AstraPay, membukukan transaksi sebesar Rp 6,4 miliar lebih besar dari target dengan pencapaian 640,8%. Pencapaian tersebut bertumbuh sebesar 87,1% secara tahunan dibanding GIIAS 2024.
- Layanan perbankan Bank Saqu, turut menyumbang pencapaian positif dengan membukukan nilai transaksi sebesar Rp 12,6 miliar atau lebih besar 217.7% terhadap target dan meningkat 117.7% secara year-on-year.
- Sementara itu, SEVA yang menghadirkan layanan pembelian mobil dengan fitur unggulannya, yaitu Instant Approval berhasil menarik perhatian para pengunjung dengan total 5.454 Instant Approval lebih besar 109% terhadap target.
- Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mencapai angka yang baik di perhelatan dengan jumlah registrasi akun baru telah mencapai 5.166 akun atau melampau target sebesar 129,2%.
Project Director Astra Financial GIIAS, Tan Chian Hok, menyampaikan bahwa pencapaian ini mencerminkan tingginya kepercayaan pengunjung terhadap Astra Financial sebagai mitra keuangan selama GIIAS berlangsung. Antusiasme yang ditunjukkan menjadi dorongan untuk terus menghadirkan layanan yang relevan dan
mudah diakses.
”Partisipasi kami sebagai platinum sponsor selama tujuh tahun berturut-turut menjadi bentuk komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional. Melalui layanan One Stop Financial Solutions, kami ingin memberikan pengalaman finansial yang praktis dan terpercaya bagi pengunjung dalam
mewujudkan kendaraan impiannya,” ujar Tan Chian Hok.
Setelah GIIAS Tangerang, Astra Financial akan mensponsori GIIAS Surabaya, Semarang, dan Bandung. Divisi keuangan PT Astra International Tbk ini menjadi sponsor platinum semua seri GIIAS 2025. ##