JAKARTA – Penjualan motor Suzuki di Indonesia sepanjang 2019 menorehkan 71.861 unit. Angka penjualan Suzuki tersebut masih menempatkannya di posisi 3-besar penjualan motor di Indonesia.
Pencapaian penjualan Suzuki di 2019 tersebut, didominasi oleh penjualan NEX II dan Satria F150 yang telah memberikan kontribusi sebesar 78% terhadap penjualan nasional Suzuki.
“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kepercayaan para pelanggan setia Suzuki selama tahun 2019. Seluruh prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kami dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan layanan dan menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales.
Dari sisi ekspor, Suzuki berhasil mengapalkan 181.473 unit ke 46 negara selama tahun 2019. Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda-dua Suzuki.
Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%.
Yohan menambahkan bahwa pada 2020, Suzuki Indonesia menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor, Malta dan Paraguay. Sementara target ekspor 248.000 unit CBU dan CKD. [Itn]