JAKARTA — Para pemilik motor Honda tak perlu cemas jika mengalami kendala di tengah perjalanan berkat Honda CARE (Customer Assistance Road Emergency) dari PT Astra Honda Motor (AHM). Layanan ini dirancang untuk mendatangi para pelanggan.
Para pemilik motor listrik Honda EM1 e: dapat memanfaatkan Honda CARE jika kehabisan daya baterai di jalan raya, misalnya. Teknisi akan mendatangi Anda dan melakukan tukar baterai.
Layanan ini dijelaskan oleh Cepi, Person-in-Charge Honda CARE PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepedamotor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, secara langsung kepada para jurnalis, Sabtu lalu (15/6/2024), di Jakarta.
“Untuk para pengguna Honda EM1 e: yang baterainya habis di jalan, Honda Care akan membantu dengan membawakan baterai cadangan. Nantinya bisa digunakan untuk dipakai sementara,” ucap Cepi.
Namun pertukaran itu bukan berarti selamanya. Honda Care akan kembali menukar baterai setelah Anda tiba di rumah atau charging station Honda e: Swap dan konsumen bisa melakukan pengisian baterai secara normal.
Sebagai informasi untuk melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%- 100% maupun konsumen dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh.
Cepi melanjutkan bahwa Honda CARE dulunya bernama HELP (Honda Emergency Layanan Pelanggan) yang dibentuk sejak tahun 2006. Layanan-layanan Honda CARE meliputi Emergency Road Assistance (ERA), Customer Assistance, dan Home Service.
Emergency Road Assistance (ERA) berupa kunjungan darurat saat di jalan, yang berkaitan dengan keamanan dan kenyaman penggunaan sepedamotor. Untuk mendapatkan layanan Honda Care, Anda bisa menghubungi nomor 1-500-989 dan menyebutkan masalah di motor, dan memberikan info lokasi kejadian. Tim Honda Care akan datang dengan estimasi waktu 30 menit untuk 0-5 km dan lebih dari 10 km mencapai lebih dari 1 jam. Honda Care beroperasi dari Senin – Sabtu jam operasional 06.00-22.00, pada Minggu dan tanggal merah layanan ini libur.
Layanan Customer Assistance berupa teknisi akan mendatangi pelanggan di rumah atau lokasi kerja ketika motor mengalami kendala teknikal. Sementara jika pelanggan tak sempat ke bengkel, bisa menggunakan layanan Home Service untuk servis, penggantian oli dan onderdil.
Dalam hal perawatan Honda EM1 e:, mendapat servis pertama 1.000 kilometer atau dua bulan, kemudian servis kedua 6.000 kilometer atau enam bulan serta servis ketiga 12.000 kilometer atau 12 bulan.
Pemeriksaannya mulai dari level baterai, minyak rem, putaran gas termasuk jarak main gas, pengereman dari kampas rem hingga jarak mainnya, suspensi dan komstir.
Harga EM1 e:Rp 33 juta dan EM1 e:Plus 33,5 juta. Semuanya merupakan harga setelah mendapat subsidi dari pemerintah.
Electric moped ini diproduksi oleh AHM di pabrik Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. AHM menggandeng rantai bisnis lokal dalam produksi sepedamotor listrik ini sehingga kandungan komponen lokal mencapai angka di atas 40%. Upaya ini sekaligus memenuhi syarat TKDN guna mendapatkan bantuan pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik bagi konsumen. #