SEOUL — Satu model mobil listrik akan diluncurkan oleh Hyundai Motor pada akhir Juni 2024. Hyundai Inster akan ditampilkan di Busan International Mobility Show 2024.
Hyundai Inster akan menyuguhkan daya jelajah hingga 355 kilometer, berdasarkan metode WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure). SUV listrik ini memiliki profil yang kokoh namun kompak dengan lampu LED DRL menjadi ciri khasnya, ditambah lampu sein dan lampu belakang pixel-grafis yang mendefinisikan desain EV sub-compact baru ini.
Nama Inster berasal dari kata “intimate” (intim) dan “innovative” (inovatif). Mobil listrik sub-compact baru Hyundai ini juga mencerminkan evolusi dari Hyundai CASPER bermesin bensin yang dijual di Korea Selatan, yang diperkenalkan pada tahun 2021. Nantinya, ketika dijual di Korea Selatan namanya menjadi Hyundai Casper Electric.
Model ini akan menetapkan standar baru dalam hal berkendara jangkauan, teknologi, dan fitur keselamatan, mendefinisikan ulang apa yang dapat diharapkan pembeli dari kendaraan-kendaraan di kelasnya.
Hyundai Inster akan melakukan debut dunianya di Busan International Mobility Show akhir bulan ini.
Hyundai Motor Company (HMC) merupakan salah satu pemain mobil listrik paling berpengaruh di dunia. Salah satu model mobil listrik Hyundai yang fenomenal adalah IONIQ 5.
Pada Maret 2024, pabrikan asal Korea Selatan ini mengumumkan penyegaran IONIQ 5 dan IONIQ 5 N Line.
New IONIQ 5 kini memiliki peningkatan kapasitas baterai lebih besar, dari 77,4 kWh menjadi 84,0 kWh, yang pada gilirannya meningkatkan jangkauan.
Peningkatan eksterior mencakup hiasan berbentuk V halus serta bumper depan dan belakang yang dibenahi yang menekankan kesan SUV rendah dan lebar mobil. Hasilnya, panjang mobil bertambah 20 mm menjadi 4.655 mm sementara dimensi eksternal lainnya — lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm — tetap tidak berubah.
Interior IONIQ 5 menawarkan peningkatan kegunaan dan kenyamanan sekaligus menjaga ruang hidup yang nyaman. Di konsol tengah, bagian atas Universal Island kini dilengkapi tombol fisik yang dapat mengoperasikan fungsi-fungsi yang sering digunakan, seperti kursi baris pertama berpemanas dan berventilasi, roda kemudi berpemanas, dan fungsi bantuan parkir. Selain itu, bantalan pengisi daya nirkabel smartphone telah dipindahkan dari bagian bawah ke bagian atas, sehingga meningkatkan kegunaan secara signifikan.
Selain itu, desain setir baru dengan lampu piksel interaktif telah diterapkan, dan pengaturan kontrol infotainment dan AC telah ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan operasional.
Untuk meningkatkan pengalaman seluler dan kenyamanan pengguna new IONIQ 5 secara keseluruhan, perusahaan telah menerapkan sistem infotainment generasi berikutnya yang disebut Connected Car Navigation Cockpit (ccNC). Kendaraan ini juga dilengkapi dengan pembaruan perangkat lunak nirkabel Over-The-Air (OTA) untuk memastikan kontrol elektronik utama kendaraan tetap mutakhir.
Lebih lanjut, Hyundai Motor telah memperkenalkan beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan baru untuk memberikan pengemudi manfaat. Ini termasuk setir Hands-On Detection (HOD), Lane Keeping Assist 2, Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2), dan Forward/Side/Reverse Parking Collision-Avoidance Assist (PCA-F/S/R). Semua fitur ini berkontribusi pada pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.
Untuk meningkatkan daya jual, beberapa fitur pilihan pelanggan, termasuk Intelligent Front-Lighting System (IFS), Digital Key 2, Built-In Cam 2 dan pelipatan jarak jauh kursi baris kedua, telah diterapkan.
Untuk lebih menyempurnakan tampilan dinamis IONIQ 5 dan meningkatkan performa aerodinamisnya, spoiler belakang telah diperpanjang 50 mm, dan kendaraan kini dilengkapi roda aerodinamis baru.
Langkah-langkah lain telah diambil untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara dibandingkan model sebelumnya.
New IONIQ 5 memiliki peredam kejut yang membantu meredam getaran di jalan. Kekakuan cowl crossbar juga ditingkatkan untuk mengurangi getaran pada roda kemudi. Penguatan pada roda belakang dan bagian bawah kendaraan telah digandakan, menghasilkan peningkatan stabilitas dan kelincahan. Kekakuan tubuh kendaraan telah diperkuat untuk mengurangi kebisingan dentuman frekuensi rendah, dan pengendalian kebisingan motor telah dioptimalkan. Insulasi suara tambahan untuk motor roda belakang meningkatkan ketenangan secara keseluruhan.
Dari segi keselamatan, tubuh, pintu depan dan belakang serta bagian pilar-B new IONIQ 5 telah diperkuat untuk meningkatkan perlindungan benturan samping. Kendaraan ini juga dilengkapi sistem delapan kantung udara, termasuk kantung udara samping baris kedua, untuk meningkatkan keselamatan. ##