Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) berkolaborasi dengan Wuling Motors, adakan pelatihan content creator bertemakan “Social Media Workshop” untuk para awak media di Jakarta (27/5).
Tujuan pelatihan content creator ini guna memperkuat kemampuan jurnalis otomotif di dalam mengembangkan konten yang variatif untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Pada pelatihan ini, dipandu langsung oleh praktisi sosial media Agus Leo Halim.
Pada pelatihan tersebut, Agus Leo Halim ungkapkan tugas jurnalistik bisa ditopang oleh sosial media yang saat ini sedang jadi tren seperti Short Video pada IG Reels dan TikTok. Hal ini juga sebagai salah satu cara untuk memberikan informasi sekaligus membesarkan media dan individu atau jurnalis.
“Media tentu juga mencari engagement dengan pembaca atau penyimaknya. Cara untuk mensupport media tersebut, tentu bisa dilakukan dengan memanfaatkan medsos yang lagi booming seperti IG dan TikTok, karena bisa memberikan keuntungan secara branding kepada media maupun jurnalis. Saya kira teman-teman bisa adaptif dengan ini,” kata Agus Leo Halim.
Sejak hadir di Indonesia 2017 silam, Wuling dan FORWOT telah menjalin hubungan yang baik untuk mewarnai industri otomotif di Indonesia. Berbagai kegiatan dan insiatif telah dilakukan bersamadalam isu industri, pembahasan produk kendaraan, peningkatan kompetensi wartawan, hingga kegiatan sosial.
Sebagai brand yang sangat inovatif di sisi pengembangan teknologi, Wuling Motors yang selalu kolaboratif, ingin jurnalis bisa menyediakan konten yang dapat tersebar kepada semua kalangan, sehingga dengan wosrkshop ini bisa menjadi tambahan ilmu untuk mendukung aktivitas jurnalistik.
“Coaching clinic ini diharapkan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan jurnalis otomotif dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan konten media sosial khususnya short video pada platform Instagram dan TikTok yang saat ini marak dimanfaatkan dalam dunia digital,” ujar Brian Gomgom selaku Media Relations Wuling Motors.
Dalam kegiatan ini, para awak media otomotif juga dapatkan training seputar konsep dan pembuatan konten video pendek pada platform Instagram Reels dan TikTok. Agus Leo banyak berbagi tips dalam membuat konten video pendek yang menarik, tematik, serta dapat menyampaikan pesan secara baik kepada khalayak melalui media sosial.
Ilmu yang didapatkan dari workshop langsung dipraktekan dengan membuat video pendek yang menarik dengan objek unit Almaz RS dan New Cortez yang kemudian dilombakan. Karya-karya tersebut akan dinilai oleh juri profesional untuk menentukan pemenang.
Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo turut menanggapi dengan positif langkah Wuling untuk terus bermitra dengan rekan rekan wartawan otomotif dan memberikan pembekalan memasuki era digital di mana informasi semakin cepat dan beragam.
“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif Wuling untuk bersama-sama maju di era teknologi informasi dan digitalisasi saat ini melalui pembekalan rekan-rekan wartawan otomotif dengan skill dan pengetahuan ter-update untuk semakin berkontribusi bagi jagat otomotif Tanah Air. Kami berharap, kegiatan seperti ini semakin banyak dilakukan agar dunia otomotif di ranah digital semakin maju, informatif, dan atraktif bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya.