TANGERANG — Urusan purnajual memang tidak boleh dipandang remeh. Sekali saja konsumen kecewa dengan layanan purnajual, maka rontoklah citra produsen atau brand.
Untuk itulah, Vinfast, sebagai pemain baru di pasar otomotif Indonesia, langsung bergerak cepat dalam kaitannya dengan purnajual.
Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, pabrikan mobil listrik asal Vietnam itu umumkan penandatanganan dan implementasi perjanjian kerjasama strategis dengan sejumlah mitra bengkel terkemuka di Indonesia. Nawilis, Warna Warni Ban, dan Raperind menjadi mitra-mitra bengkel terbaru, sehingga akan semakin memperluas jaringan bengkel resmi VinFast di Indonesia.
“Perluasan jaringan bengkel yang terus kami lakukan ini merupakan bentuk penegasan komitmen VinFast yang kuat dan konsisten dalam menyediakan layanan purna jual yang lengkap, nyaman, dan berkualitas tinggi. Strategi ini tidak hanya membantu memperluas jangkauan pelanggan, tetapi juga mengoptimalkan efisiensi operasional dalam upaya ekspansi kami di Indonesia,” kata Kariyanto Hardjosoemarto, CEO VinFast Indonesia.
Mitra-mitra bengkel resmi Vinfast diklasifikasikan atas 2 kategori:
- Bengkel Level 1diberi wewenang untuk menyediakan berbagai layanan utama, termasuk perawatan, perbaikan dasar, penanganan garansi, pembaruan perangkat lunak, serta pemeriksaan diagnostik untuk kendaraan listrik VinFast
- Bengkel Level 2 akan fokus pada layanan inti seperti perawatan berkala, perbaikan dasar, dan layanan garansi dasar, sehingga memastikan pengalaman purna jual yang optimal bagi setiap pelanggan dalam perjalanan mereka memiliki kendaraan listrik.
Sebanyak 9 bengkel Nawilis akan menjadi bengkel resmi VinFast dengan klasifikasi sebagai bengkel Level 1. Sementara itu, Warna Warni Ban akan bergabung dengan 5 bengkel Level 1, dan Raperind akan menambahkan 5 bengkel, yang terdiri dari 2 bengkel Level 1 dan 3 bengkel Level 2.
Mitra-mitra baru ini melengkapi daftar mitra strategis yang sebelumnya telah menjalin kolaborasi, termasuk Otoklix dan Bengkel BOS. Otoklix telah menambahkan 150 bengkel ke dalam jaringan layanan VinFast, yang terdiri dari 41 bengkel Level 1 dan 109 bengkel Level 2. Bengkel BOS juga turut berkontribusi dengan 12 bengkel Level 1.
Dengan demikian, brand berlogo “V” ini kini memiliki jaringan nasional yang mencakup total 181 bengkel resmi, terdiri dari 69 bengkel Level 1 dan 112 bengkel Level 2.
Seluruh bengkel mitra di Indonesia akan memenuhi standar ketat VinFast terkait fasilitas, peralatan, dan kualifikasi teknisi. Para mitra juga akan menyediakan layanan serta suku cadang resmi, guna memberikan kemudahan dan ketenangan pikiran bagi pemilik kendaraan VinFast.
Pabrikan sendiri akan aktif mendukung pelatihan personel serta menyediakan konsultasi teknis agar para mitra dapat memperluas jaringan bengkel resmi dengan cepat, seiring dengan bertambahnya lini produk VinFast dan peningkatan jumlah pengiriman kendaraan Indonesia.