AICHI — Toyota Motor Corporation (TMC) meng-upgrade Toyota Dyna 1-ton untuk pasar Jepang. Peningkatan ini berdampak pada keselamatan dan kenyamanan.
Toyota Dyna, kini, dibekali dengan kaca spion digital yang menampilkan lingkungan belakang kendaraan ketika mundur. Sistem AC (air conditioning) semua tipe dilengkapi dengan penyaring kuman. Terakhir, lantai box menggunakan lapisan bambu, menggantikan bahan aluminium.
Pasar Indonesia
Pada April 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan new Toyota Dyna dan new Toyota HiACE yang sudah memenuhi regulasi Euro 4 di Indonesia.
“New Toyota Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja engine yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa feature untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan. Sementara new Toyota Dyna diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin berperforma tinggi dan design lebih gagah. Dua model ini telah lolos uji emisi EURO 4 sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, pada 7 April 2022.
New Toyota Dyna hadir melalui 3 tipe yaitu 115 ST 4×2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.
Bersamaan dengan pelaksanaan aturan standar emisi EURO 4 untuk mesin diesel, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Tidak hanya ramah lingkungan, mesin Toyota Dyna memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien. Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series memanfaatkan transmisi manual 6-speed baru.
Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.
Tidak hanya pada mesin, improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior truk sebaguna ini. More Tough Look Design pada bumper dan grille depan, desain baru pada lampu utama dan panel body depan, logo Toyota yang lebih besar, new design with white color Lens foglamp, dudukan spion samping sewarna bodi, grade sticker dan stiker EURO 4 sebagai penanda sudah sesuai regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. New Dyna hadir dengan warna bodi ikonik yaitu Red.
Warna kabin diubah lebih gelap agar tampil lebih gagah. Beberapa sentuhan ringan seperti desain terkini blower AC ditambah boost ventilator, desain baru pada center cluster dan mobile stand, lokasi laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover yang kini berwarna dark brown dengan pola desain anyar. ##