PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) resmi meluncurkan versi terbaru dari Hyundai New Creta belum lama ini. Ada tiga varian yang ditawarkan yakni Prime, N Line dan N Line Turbo dengan banderol dan fitur yang berbeda-beda.
Tim Otobisnis bersama dengan media lain mendapatkan kesempatan mencoba ketiga varian buat perjalanan dari Jakarta menuju Lampung. Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan Hyundai Creta tipe tertinggi yakni N-Line Turbo menuju Pelabuhan Merak. Mobil diisi oleh empat orang dewasa dan beberapa barang bawaan yang terletak di bagasi.
Sampai di Lampung perubahan varian dilakukan, dan dilanjut dengan varian Creta N line dan diakhiri oleh Creta Prime. Dari ketiganya perbedaan terletak pada detail tampilan eksterior, fitur dan mesin yang digunakan.
Secara keseluruhan Hyundai New Creta sudah memberikan desain eksterior yang sangat menarik dibanding varian sebelumnya khusunya pada bagian tubuh belakang. Namun varian Creta N-line lebih menarik pasalnya detail varian ini sangat menunjukan kesan sporty, seperti pada grille depan dan pipa gas buang yang ditonjolkan pada sisi kanan belakang bumper.
Beralih pada bagian interior, varian Creta N-line jelas lebih menggoda pasalnya detail list merah pada beberapa bagian seperti stir kemudi, jok dan lain lain membuat kesan mewah dari sebuah SUV sangat terasa.
Posisi duduk di jok depan terasa nyaman dan visibilitas yang baik. Kenyamanan jok depan semakin terasa dengan tersematnya pengaturan yang sudah elektrik pada tipe N-Line, berbeda dengan tipe prime yang masih konvensional. Namun semua varian sudah mendapatkan ventilated seats pada kursi depan.
Fitur fitur keselamatan yang tersemat pada Hyundai New Creta N-Line tentunya sangat memudahkan driver saat berkendara, mulai dari Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Hill-start Assist Control, Electronic Stability Control dan Anti-lock Braking System.
Tersemat juga empat pilihan Drive Mode, yaitu Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan kondisi jalan dan gaya berkendara yang diinginkan. Perjalanan Jakarta – Lampung semakin terasa happy berkat adanya BOSE Premium Sound System dengan total 8 speaker dan Touch Display Infotainment System 10,25 inch.
Perlu diketahui, mesin pada New Creta Prime maupun N Line masih sama seperti versi yang terdahulu dipasarkan di Indonesia. Yaitu mesin Smartstream G1.5 MPI berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 PS (113 hp) pada 6.300 rpm dan torsi maksimum 143,8 Nm pada 4.500 rpm.
Sedangkan tipe N Line Turbo menggunakan mesin 1.5L Turbo GDi dengan transmisi DCT 7-speed yang menghasilkan tenaga hingga 160 PS (158 hp) dan torsi 253 Nm.
Mesin non-turbo Hyundai New Creta tergolong responsif. Perpindahan transmisi terasa halus. Namun pada model bermesin turbo, karakternya begitu berbeda. Tarikannya begitu enteng dan stabil saat bermanuver.
“Transmisi ini memang dirancang oleh Hyundai Motor Company sebagai kombinasi paling optimal untuk mesin 1.500cc turbo,” kata Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID.
Bonar juga menjelaskan suspensi memang masih sama dengan Creta Prime yakni MacPherson Strut di bagian depan dan Couple Torsion Beam Axle pada bagian belakang. Tetapi ada penyesuaian di Creta N Line Turbo guna mengimbangi tenaga dan torsi, sehingga mobil terasa lebih rigid ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.
Kesimpulan
Hyundai Creta N-line terbilang pilihan yang sangat rekomen, mulai dari tampilan yang sangat sporty baik dari sisi eksterior dan interior, begitu pun pada sisi fitur yang sangat lengkap. Dan mesin Smartstream G1.5 MPI, terbilang mumpuni untuk dikendarai dalam dan luar kota.
Berikut harga dari ketiga varian Hyundai New Creta:
- Prime, Rp 426,9 jutaan
- N Line, Rp 460,5 jutaan
- N Line Turbo, Rp 507,2 jutaan