JAKARTA – Perusahaan pembiayaan industri alat berat PT Surya Artha Nusantara Finance (SANF) menunjukkan kinerja stabil dan positif dalam lima tahun terakhir. Capaian itu diraih berkat dukungan strategi yang berpedoman pada Portofolio, People & Public Contribution, serta strategi di dunia digital.
Melalui strategi bisnis yang dijalankan, PT SANF di kuartal pertama 2024 meraih total penjualan sebesar Rp 2,2 triliun, atau meningkat sebanyak 7% ketimbang tahun lalu di periode yang sama. Capaian laba bersihnya ciamik, yaitu meraih Rp 49,6 miliar, meningkat 54,4% ketimbang tahun lalu. Tak heran kalau kualitas aset direfleksikan non-performing loan entitas ini terjaga di ratio 0,1%.
Pada pedoman portofolio misalnya, unit bisnis dari Astra Finance ini terus memperkuat pembiayaan sektor bisnis utama, yaitu industri alat berat. Perusahaan yang sudah beroperasi sejak 1983 ini juga menambah portofolio perusahaan dengan merambah pembiayaan kendaraan berukuran besar, seperti truk.
Tak hanya itu, PT SANF juga melakukan diversifikasi portofolio ke sektor baru berupa pengembangan pembiayaan produktif untuk kelompok usaha kecil dan menengah (UMKM). Caranyanya, perusahaan ini menyalurkan anjak atau pembiayaan piutang, serta pembiayaan vendor. Utamanya kepada ekosistem grup Perseroan.
Untuk strategi berpedoman pada People & Public Contribution, PT SANF berfokus dalam pengembangan organisasi yang adaptif dan lincah bersinergi dengan pedoman perusahaan. Kapabilitas organisasi ditingkatkan, serta platform digital dalam manajemen pengetahuan dan penguatan budaya inovasi berkelanjutan dioptimalkan.
Mewujudkan pengembangan organisasi dalam komunitas, lembaga pembiayaan ini telah melakukan banyak kegiatan positif. Contohnya berlandaskan kesehatan melalui program SANF Posyandu Terpadu di Jakarta, lalu dukungan infrastruktur pendidikan di wilayah Jawa dan Nusa Tenggara Timur, hingga memberi dukungan kepada Yayasan Tuna Netra di wilayah Tangerang.
PT SANF juga aktif melaksanakan kegiatan berlandaskan pilar lingkungan. Mereka menanam, lebih dari 7.000 pohon mangrove di wilayah Jawa Tengah. pendampingan literasi keuangan kepada UMKM di wilayah Jabodetabek juga perusahaan ini lakukan untuk mengakomodir pilar kewirausahaan.
Menjawab kebutuhan pelanggan di tengah massifnya perkembangan teknologi, PT SANF melakukan strategi yang berpedoman pada platform digital. Makanya, perusahaan ini menghadirkan aplikasi mobile SANFIND sebagai komitmen dan upaya untuk terus berinovasi sekaligus memberi pelayanan terbaik bagi mitra bisnisnya.
Melalui aplikasi SANFIND, mitra bisnis akan dengan mudah mendapat solusi keuangan “One Stop Services”. Dalam aplikasi ini, PT SANF menawarkan beragam fitur inovatif tanpa hambatan untuk mengelola keuangan bisnis. Tercatat, 210 mitra bisnis lembaga pembiayaan ini telah merasakan benefitnya. #