Friedrichshafen — Saat musim dingin, konsumsi energi mobil listrik lebih besar. Untuk menghemat energi, ZF menciptakan sabuk keselamatan berpemanas (heated seat belt).
Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengurangi energi yang digunakan untuk memanaskan kendaraan — terutama jika dikombinasikan dengan pemanas kontak lainnya seperti pemanas kursi. Selama cuaca dingin, sistem dapat meningkatkan jangkauan jelajah hingga 15 persen dengan mengurangi energi yang dibutuhkan untuk memanaskan interior mobil listrik.
Sabuk pengaman berpemanas ZF didasarkan pada anyaman khusus dengan konduktor pemanas terintegrasi yang secara minimal meningkatkan ketebalan anyaman. Hal ini membuat integrasi lebih mudah bagi produsen kendaraan dan menawarkan kenyamanan yang sama bagi penumpang seperti anyaman sabuk pengaman biasa. Sabuk berpemanas dirancang untuk memberi para penumpang perasaan hangat seragam di dekat tubuh.
Dengan fungsi pemanas terintegrasi ini, sabuk pengaman berpemanas ZF dapat memberikan tubuh kehangatan langsung segera setelah pengemudi mulai mengemudi, biasanya antara 36 dan 40 derajat Celcius. Dikombinasikan dengan kursi berpemanas, sabuk keselamatan berpemanas berpotensi memberikan para penumpang kenyamanan dengan cepat.
Pada mobil listrik, sistem kontrol suhu kabin ditenagai oleh arus baterai, karena tidak ada limbah panas yang dapat digunakan seperti pada mesin pembakaran. Mengurangi jumlah arus baterai yang digunakan untuk memanaskan bagian kabin kendaraan listrik memungkinkan peningkatan jangkauan hingga 15 persen menggunakan pemanas-pemanas kontak dan mengurangi penggunaan sistem kontrol iklim konvensional.
Keuntungan-keuntungan lain dari sabuk pengaman berpemanas ZF sangat menentukan penerimaannya yang luas di kalangan pengemudi dan penumpang: Ini berperilaku seperti sabuk pengaman konvensional, dan pengoperasiannya juga identik.
ZF menggunakan metode pemrosesan tekstil khusus untuk inovasi ini. Konduktor pemanas ditenun ke dalam struktur sabuk keselamatan. Elemen-elemen kontak untuk sirkuit pemanas listrik ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pengoperasian atau retraksi sabuk. Retraktor sabuk khusus pada posisi pemasangan lain tidak diperlukan. Karena semua karakteristik sabuk pengaman yang relevan tetap sama, tidak ada prosedur atau kualifikasi tambahan untuk OEM. Sabuk pengaman berpemanas sama sekali tidak kalah dengan sabuk pengaman konvensional dalam hal perlindungan penumpang. ##