SHANGHAI — SAIC Motor telah merilis strategi luar negerinya 3.0- “Strategi Global”, di Auto Shanghai 2025. Selama tiga tahun ke depan, perusahaan yang berbasis di Shanghai ini akan mengembangkan 17 model luar negeri baru yang mencakup SUV, sedan, MPV, dan truk pickup.
Kendaraan-kendaraan yang dilengkapi dengan sistem powertrain hibrida (HEV) generasi berikutnya akan menargetkan segmen pasar global utama, sementara teknologi-teknologi yang mengganggu (disruptive technologies) seperti baterai solid-state akan memasuki aplikasi praktis.
MG akan direvitalisasi di bawah kepemimpinan visioner SAIC Motor, terus mendefinisikan ulang warisannya sebagai merek global yang dinamis. Sejak mengakuisisi platform Rover 75 pada tahun 2004 dan merek MG pada tahun 2007, SAIC Motor telah merekayasa ulang arsitektur teknis dan posisi pasar MG, mengubah ikon yang berusia seabad menjadi simbol mobilitas mutakhir.
Hingga saat ini, MG telah memperkenalkan lebih dari 10 model yang mencakup sedan dan SUV, mencapai penjualan global kumulatif yang melebihi 5 juta unit dan menempati peringkat 10 Teratas di lebih dari 20 negara.
Setelah perayaan seratus tahunnya pada tahun 2024, MG meluncurkan strategi rebranding yang berani dengan etos “in China for Globe”, memposisikan dirinya sebagai “mobil impian bagi konsumen berjiwa muda”. Dengan tagline “MUDA SELAMANYA: Kecerdasan Berpadu Gaya”.
Dipimpin oleh Joseph Kaban, pakar desain otomotif ternama, MG memperkenalkan bahasa desain generasi berikutnya dengan MG Cyberster Special Edition dan konsep “kotak” pertama dari merek tersebut, MG Cyber X, di Auto Shanghai 2025.

SAIC Motor pun bekerjasama dengan OPPO. Kolaborasi tersebut akan meluncurkan kemitraan visioner untuk bersama-sama menciptakan “Ekosistem Tanpa Batas.” Kolaborasi pertama mereka, yang terintegrasi ke dalam model-model MG mendatang, akan menghadirkan pengalaman kabin tempat smartphone dan kendaraan menyatu dengan mulus. Bayangkan kontrol lintas perangkat, layanan kontekstual, dan personalisasi yang digerakkan oleh AI—benar-benar “kokpit di saku Anda.
Salah satu model hasil kolaorbasi dengan OPPO adalah MG4 EV generasi berikutnya, yang akan memberikan pengalaman terbaik di bidang ruang, perlindungan matahari, berkendara cerdas, ketahanan, dan keselamatan. “Ukuran kecil memberikan dampak besar,” MG4 EV baru akan mendefinisikan ulang keunggulan listrik yang ringkas.
Saat ini MG4 EV dijual di Indonesia dengan jangkauan 425 kilometer. Pengisian baterai dari 10%-80% dicapai dalam 35 menit.
Hatchback listrik ini menjadi model mobil listrik pertama dari serangkaian model MG yang menggunakan arsitektur Modular Scalable Platform (MSP) yang canggih. ##