JAKARTA – Sebagai pemilik mobil, kita harus memeriksa dan merawat karet-karet mobil, selain mesin, kelistrikan kaki-kaki dan lain-lain.
Rifat Sungkar, duta PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan bahwa banyak pemilik mobil kurang perhatian pada karet-karet mobil, kebanyakan orang ketika berbicara karet (rubber) selalu tertuju pada ban.
“Padahal berapa persen ban pada mobil, rubber bukan hanya ban. Tapi termasuk urusan karet pintu, bushing, mounting body, karet wiper, dan lain-lain. Untuk ban memang komponen yang paling terlihat, tetapi unsur-unsur lain juga penting karena menyangkut unsur safety (keselamatan) dan kenyamanan berkendara,” ujar pereli nasional ini.
Menurutnya, secara umum, karet memiliki sifat cepat rusak atau getas. Lalu bagaimana cara kita mengetahui karet tersebut harus kita ganti:
- Karet berubah warna
- Jika dipegang atau ditekan keras
- Bentuknya berubah
- Untuk karet kaca pintu biasanya kekedapan kabin berkurang & longgar
- Sudah pecah pecah atau getas
Berikut ini tips perawaran karet-karet bagian luar mobil:
- Jika parkir usahakan jangan terkena sinar matahari langsung
- Bersihkan karet jika kotor
- Gunakan cairan pembersih bersilikon
- Lakukan rotasi ban mobil
- Pastikan tekanan angin ban selalu sesuai rekomendasi pabrikan
Rifat pun mengingatkan para pemilik mobil agar memeriksa ban serep atau cadangan secara rutin. Pastikan kondisi tekanan ban serep sesuai rekomendasi pabrikan. Bersihkan supaya tidak cepat getas. ##