Jakarta — PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya merilis All-new Toyota Hilux Rangga untuk pasar Indonesia. Harga jualnya dimulai dari Rp 188 jutaan hingga Rp 304 jutaan, pengganti Toyota Kijang pickup ini tentunya menjadi ancaman baru bagi Mitsubishi L300 dan Suzuki Carry.
Sejak Agustus 2023 Toyota sudah memperlihatkan keseriusannya dalam mengisi segmen pickup, beberapa pameran otomotif Toyota Hilux Rangga membuat campaign yang dikenal sebagai “Rangga Concept”. Dari situ tentunya calon konsumen Toyota Hilux Rangga akan mendapat banyak referensi modifikasi.
Harga
Kembali pada persaingan kendaraan pickup, dalam hal ini pembahasan hanya pada harga, mesin dan beban yang mampu dibawa. Dimulai dari harga, Toyota Hilux Rangga dibagi menjadi dua tipe, 2.0 bensin dan 2.4 diesel, dimulai dari Rp188.700.000 hingga Rp 304.500.000, Hilux Rangga memiliki 10 opsi harga, perbedaan pembelian paket lengkap atau hanya kabin depan, dan selanjutnya antara mesin bensin dan diesel matic atau manual.
Sementara itu Mitsubishi L300 hanya dijual dengan satu tipe yaitu Colt L300, Anda dapat memilih pembelian dengan pickup flat deck atau hanya cab chassis. Opsi harga yang ditawarkan Rp232.500.000 – Rp230.000.000. Dan untuk Suzuki Carry Pick Up yang dijual saat ini ditawarkan dalam dua tipe yakni Wide Deck dan Flat Deck mulai dari Rp 169.900.000 – Rp 178.800.000.
Dari sisi harga Suzuki Carry lebih terjangkau dari Toyota Rangga dan Mitsubishi L300. Menjadi lebih murah membuat kapasitas mesin Suzuki Carry menjadi yang terkecil.
Mesin
Selanjutnya pada sektor mesin, Toyota tentunya lebih dominan karena banyaknya pilihan mesin dan transmisi, dengan kode mesin 1TR-FE berbahan bakar bensin kapasitas mesin 1.998 cc 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 137 dk pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Pada tipe diesel dengan kode 2GD-FTV kapasitas mesin capai 2.393 cc 4-silinder VNT Intercooler bertenaga 146 dk pada 3.400 rpm dan torsi 343 Nm pada 1.400–2.800 rpm untuk transmisi manual.
Suzuki Carry Pick Up memiliki kode K15B-C berkapasitas 1.462 cc, 4 Cylinder,16 Valve with Multi Point Injection, mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan daya 95,6 dk pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm pada 4.400 rpm.
Dan untuk Mitsubishi Colt L300 menggunakan mesin diesel baru 4N14 berkapasitas 2.268 cc DOHC 4 silinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Mesin dengan standar emisi Euro 4 ini diklaim menghasilkan tenaga 97,8 dk pada 3.500 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm.
Menyoal mesin bensin Toyota Hilux Rangga memiliki tenaga yang lebih besar, Toyota Hilux Rangga menggendong mesin 2.000cc sementara itu Suzuki Carry 1.500cc. Untuk mesin diesel Rangga bersaing ketat dengan L300, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh rangga berbanding jauh dari L300.
Muatan Karoseri
Dan yang terakhir pembahasan menyoal kapasitas muatan pada bak. Hilux Rangga dirancang dengan cargo bed yang besar untuk menampung berbagai jenis barang bawaan yang disesuaikan bisnis pelanggan. Maka tidak heran Toyota memberikan banyak pilihan karoseri yang akan konsumen pilih.
Toyota Hilux Rangga memiliki karoseri standar dengan panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, desain dek rata mampu membawa muatan hingga 1,2 ton sekali angkut. Sementara itu Suzuki Carry memiliki panjang karoseri 2.505 mm, kemudian lebar baknya, tipe Flat Deck 1.665 mm dan 1.745 mm tipe Wide Deck. Dan kapasitas maksimal mencapai 1 ton.
Mitsubishi Colt L300 memiliki ukuran karoseri bak dengan panjang 2.425 mm, lebar 1.440 mm dan memiliki daya angkut mencapai 2.345 kg. Suzuki Carry memiliki dimensi yang lebih lapang, namun Mitsubishi L300 memiliki daya angkut yang lebih banyak dari kedua kompetitornya.
Dari tiga pembahasan diatas tentunya menjadi awalan konsumen dalam memilih kendaraan pickup sesuai kebutuhan, sebagai informasi ketiga brand sudah memiliki banyak bengkel rekanan dan kelengkapan spare part. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir ketika meminang salah satu dari kendaraan pickup di atas.