Jakarta — Pemilik mobil Honda di Indonesia lagi-lagi harus direpotkan dengan persoalan recall yang disebut PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai kampanye product update (PUD). Kampanye ini diumumkan pihak Honda terkait masalah komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman kendaraan.
Sedikitnya ada 5 model yang terlibat dalam kampanye ini, yakni Honda Mobilio produksi 2014 – 2017, Honda Brio tahun produksi 2014 – 2017, Honda Jazz tahun produksi 2014 – 2017, Honda HR-V tahun produksi 2014 – 2017 dan Honda BR-V tahun produksi 2015 – 2017.
Jumlahnya tidak sedikit, mencapai 463.891 unit yang sudah terjual di Indonesia dan dinyatakan teridentifikasi.
Honda sendiri merasa sangat perlu untuk mengumumkan kampanye recall sebagai tindakan pencegahan terjadinya kerusakan pada sistem pengereman. Tujuannya tentu tidak lain demi menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpang mobil Honda. Apalagi ini menyangkut fungsi pengereman sebagai salah satu piranti keselamatan paling utama dalam sebuah kendaraan.
“Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk berada dalam standar tertingginya untuk hal keamanan dan kualitas. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM dalam siaran pers yang dikirim hari Sabtu (26/1/2018).
Kampanye Recall Honda Berlangsung 26 Januari – 26 Juli 2018
Jika Anda pemilik mobil Honda Mobilio, Brio, Jazz, HR-V dan BR-V yang teridentifikasi masuk program kampanye recall, surat pemberitahuan secara resmi akan dikirimkan.
Bila masih ragu, segera hubungi diler resmi Honda atau Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 untuk mendapat kepastian. Atau bisa juga lewat website www.honda-indonesia.com, karena disana akan tertera daftar 463.891 unit mobil yang kena recall.
Masa recall Honda berlangsung sampai 6 bulan ke depan. Efektif berlaku per 26 Januari 2018 kemarin sampai 26 Juli 2018 nanti.
Seluruh model yang teridentifikasi akan mendapatkan penggantian komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman dengan proses memakan waktu 1-2 jam. HPM memberikan jaminan penggantian secara gratis sebagai bentuk tanggung jawabnya.
“Kami berharap konsumen dapat secepatnya menghubungi diler resmi Honda untuk melakukan perbaikan,” pungkas Jonfis Fandy##.