MILAN — BYD Group mengumumkan kemitraan dengan FC Internazionale Milano (Inter Milan). Selama 3 tahun, pabrikan mobil listrik tersebut menjadi mitra otomotif tim yang berdiri pada tahun 1908 tersebut.
Perjanjian ini, salah satu kolaborasi paling signifikan antara dunia otomotif dan sepak bola, menyatukan dua keunggulan global yang disatukan oleh visi bersama: mengubah emosi menjadi kenyataan nyata dengan mempromosikan bakat, berjuang untuk kepemimpinan di bidangnya masing-masing, mengejar keunggulan, dan merangkul pandangan inovatif dan pionir tentang masa depan.
Kemitraan ini, dengan karakter global yang kuat, menciptakan sinergi antara dua merek yang berkembang pesat dengan kehadiran yang luas di pasar-pasar utama. Inter, dengan lebih dari 533 juta penggemar di seluruh dunia, menempati peringkat kedua di antara klub sepakbola global untuk pertumbuhan basis penggemar selama lima tahun terakhir.
Di Tiongkok, tempat BYD berkantor pusat, Nerazzurri juga merupakan salah satu tim yang paling dicintai, dengan lebih dari 154 juta penggemar. Di Amerika Selatan — pasar utama bagi BYD Group — Inter Milan dapat mengandalkan hampir 90 juta penggemar, berkat banyaknya para pemain dari Amerika Selatan yang telah membentuk sejarah klub ini.
BYD sendiri semakin memantapkan dirinya sebagai pemimpin teknologi dalam Kendaraan Energi Baru (NEV), dengan lebih dari 4,2 juta kendaraan terjual pada tahun 2024—peningkatan 41% dibandingkan tahun sebelumnya—dan sudah lebih dari 2 juta unit terjual pada paruh pertama tahun ini, menunjukkan pertumbuhan dua digit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
“Nama BYD berarti “Build Your Dreams”, dan saya pikir kemitraan ini adalah impian bagi kaum muda, bagi semua orang yang memiliki gairah sepakbola. Inter Milan dikenal luas karena energinya, pantang menyerah, selalu berjuang untuk meraih kesuksesan, dan pertumbuhan pesatnya menjadi merek global dengan basis penggemar di seluruh dunia yang melampaui stadion San Siro dan Serie A. Kualitas-kualitas inilah yang juga dimiliki BYD sebagai merek yang berkembang pesat – kami adalah perusahaan teknologi hijau global dengan impian untuk melawan perubahan iklim dan mendinginkan bumi satu derajat. Kami bekerja sangat keras untuk mencapai hal ini – kami memiliki 120.000 insinyur yang bekerja siang dan malam, menghasilkan 45 paten setiap hari kerja karena mereka mencintai pekerjaan mereka dan ingin menang. Tekad ini, dorongan yang terus-menerus untuk perubahan, dan kerja keras untuk mewujudkannya, adalah sesuatu yang benar-benar dimiliki bersama oleh BYD dan Inter,” ujar Stella Li, Executive Vice President of BYD.
“Kami sangat senang mengumumkan kemitraan baru ini, yang menyatukan dua grup global yang disatukan oleh dorongan berkelanjutan menuju masa depan dan mengejar keunggulan,” ujar Giorgio Ricci, Chief Revenue Officer FC Internazionale Milano.
“Kami bangga bahwa Grup, dengan mereknya BYD dan DENZA, telah memilih Inter sebagai klub sepak bola pertama yang bermitra. Ini merupakan bukti daya tarik global merek kami yang semakin meningkat. Kemitraan ini membuka peluang baru untuk aktivasi dan konten berorientasi internasional yang mampu melibatkan penggemar dan konsumen di seluruh dunia. Bersama-sama, kami bertujuan untuk mengembangkan proyek-proyek inovatif yang semakin memperkuat posisi Grup sebagai tolok ukur dalam lanskap global mobilitas berkelanjutan.”
Lebih lanjut, BYD Group akan menyediakan sekitar 70 kendaraan energi baru untuk melengkapi manajemen puncak, staf teknis, dan para pemain tim utama Inter Milan. Dengan begitu mereka akan merasakan teknologi mutakhir dan kenyamanan maksimal BYD, sekaligus menjadi pemain-pemain kunci dalam evolusi ramah lingkungan.
Sebagai permulaan, Inter Milan akan menerima edisi khusus BYD SEALION 7, yang akan dikustomisasi dengan fitur-fitur yang terinspirasi oleh warna-warna Nerazzurri. Kendaraan yang sama ini nantinya akan tersedia, dalam edisi terbatas, untuk publik yang menginginkannya.