Brussels – Generasi keempat Toyota Yaris dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Eropa 2021. Penghargaan Mobil Terbaik Eropa 2021 diraih setelah beberapa hari sebelumnya Toyota Yaris didaulat sebagai mobil terlaris di Eropa untuk pertama kalinya.
Dewan juri yang terdiri dari 59 jurnalis otomotif di Eropa memuji teknologi hybrid Toyota Yaris untuk berkendara yang mulus, emisi rendah dan harga terjangkau – menggambarkan mengapa lebih dari 80% pembelinya memilih powertrain hybrid.
Toyota Yaris juga dikenal karena desain, performa dinamis, dan keamanannya yang terdepan di kelasnya.
Penghargaan ini merupakan kedua kalinya setelah generasi pertama menerimanya pada tahun 2000. Bagi Toyota Motor sendiri penghargaan Mobil Terbaik Eropa 2021 merupakan ketiga kalinya – Toyota Prius pada 2005.
Matt Harrison, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Europe, berkomentar: “Ini adalah kehormatan besar bagi Toyota dan saya ingin berterima kasih kepada para juri atas pertimbangan dan pengakuan mereka. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengakui semangat tim pengembangan kami di Eropa dan Jepang. Ini adalah Toyota Yaris terbaik yang pernah ada, dan seperti yang diinginkan Akio Toyoda, pelanggan kami sudah tersenyum.”
Generasi keempat Toyota Yaris diluncurkan di Eropa pada Juli 2020. Inilah mobil kecil pertama Toyota yang menggunakan Toyota New Global Architecture B – TNGA B.
Mesin 1.5-liter Hybrid Dynamic Force baru berasal dari keluarga mesin TNGA yang sama dengan unit empat-silinder 2.0-liter Toyota Corolla dan C-HR. Mesin memiliki langkah yang panjang, rasio kompresi 14.0: 1 dan pembakaran berkecepatan tinggi dengan suhu dan kontrol tekanan yang lebih baik. Hal ini berkontribusi pada efisiensi termalnya yang luar biasa tinggi – 40% – memastikan lebih banyak potensi energi dari setiap tetes bahan bakar yang ditangkap.
Secara umum dengan semua mesin hybrid Toyota, dia menggunakan siklus Atkinson, yang membuat katup masuk terbuka lebih lama, menunda langkah kompresi. Ini meningkatkan efisiensi dan penghematan bahan bakar, tetapi mengurangi output daya. Meskipun demikian, mesin baru ini memiliki output maksimum 93 DIN hp / 68 kW dengan puncak torsi 120 Nm yang dihasilkan pada putaran lebih rendah (3.600 rpm).
Konfigurasi tiga-silinder juga membawa keuntungan dalam hal tingkat kebisingan. Saat berjalan pada 4.000 rpm, kinerjanya seperti unit empat-silinder yang beroperasi pada 3.000 rpm, sehingga menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi, tetapi menghasilkan lebih sedikit kebisingan.
Sistem hybrid di Toyota Yaris memiliki dua motor / generator – MG1 dan MG2. MG2 bertugas di roda-roda depan dan dapat digunakan sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan. RPM motor listrik di mana daya dapat diarahkan ke roda-roda menentukan kecepatan maksimum di mana mobil dapat dikemudikan dalam mode EV (kendaraan listrik), membuat MG2 sangat penting untuk daya kendara mobil dengan tenaga listrik.
MG1 digunakan untuk menghidupkan mesin dan menghasilkan tenaga untuk mengisi baterai.
Generasi keempat Toyota Yaris mengadopsi baterai hibrida lithium-ion, dengan voltase lebih tinggi dari 144 menjadi 177,6 V. Jumlah sel telah dikurangi, dari 120 menjadi 48. Aliran arus meningkat secara signifikan: 100% ke dalam baterai dan 50% keluar.
Dengan kepadatan daya yang jauh lebih tinggi, baterainya lebih kecil dan ringan, yaitu 12 kg. Dimensinya yang ringkas memungkinkannya ditempatkan di bawah jok penumpang belakang, bersama dengan baterai tambahan, menghindari intrusi di ruang muat. ##