SEOUL — Hyundai Motor Group (HMG atau Grup) akan meluncurkan serangkaian solusi untuk berbagai industri. Informasi tersebut disampaikan oleh Executive Chair Euisun Chung kepada seluruh karyawan di seluruh dunia melalui platform metaverse HMG Park dalam rangka menyambut 2022.
“Tahun ini, kami berencana untuk memperkenalkan serangkaian solusi cerdas untuk industri-industri yang merupakan inti dari strategi masa depan kami, seperti mengemudi otonom, robotika, dan mobilitas udara perkotaan, sehingga mewujudkan berbagai kemungkinan dalam kehidupan para pelanggan kami,” kata Chung saat pidato Tahun Baru 2022.
“Meskipun kesulitan baru-baru dan ketidakpastian tentang beberapa tantangan baru yang ada di depan, mari kita membuat langkah berani dengan energi positif, mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi para pelanggan dan kemanusiaan kita,” imbuhnya.
Menjadi merek ramah lingkungan kelas atas global dan memperoleh teknologi eksklusif
Hyundai Motor Group akan menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan gaya hidup para pelanggan yang terus berkembang, dan selanjutnya meningkatkan kemampuannya dalam mobilitas bersih, termasuk motor, baterai, dan material canggih.
Hyundai Motor Group akan terus secara aktif mengejar transisi ke elektrifikasi melalui kegiatannya di bidang R&D, produksi, penjualan, dan layanan pelanggan.
Untuk itu, Hyundai Motor Group berhasil meluncurkan kendaraan-kendaraan listrik baterai Hyundai IONIQ 5, Kia EV6, Genesis GV60 pada tahun 2021, yang semuanya didasarkan pada platform modular global listrik (E-GMP) Hyundai Motor Group.
Hyundai Motor Group akan lebih mempercepat upaya elektrifikasi pada tahun 2022 dengan peluncuran model-model performa tinggi Hyundai IONIQ 6, Genesis GV70 EV, Kia Niro EV dan Kia EV6. Untuk lebih mendemokratisasi kendaraan ramah lingkungan, mereka akan bekerja dengan mitra global untuk membangun jaringan pengisian daya di seluruh dunia.
Chung juga mengungkapkan pentingnya memperoleh teknologi eksklusif, seperti AI. Untuk mengamankan daya saing untuk produk-produk masa depannya, Grup akan mendirikan pusat penelitian AI dan mengembangkan bakat manusia terkemuka di dunia sambil terus memperluas platform terbuka. Puslit tersebut akan mengadakan lebih banyak acara seperti sebelumnya yakni ‘kompetisi pengodean software’ dan ‘konferensi pengembang HMG’ yang membantu karyawan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mendorong semangat inovasi kolaboratif.
Mengemudi Otonom
Grup akan memperkenalkan berbagai program layanan percontohan berdasarkan teknologi mengemudi otonom Level 4 yang meminimalkan keterlibatan pengemudi. Ini juga akan menguji kendaraan pilot otonom berbasis IONIQ 5 yang ingin dikomersialkan oleh Hyundai pada tahun 2023.
Pada paruh pertama 2022, Grup akan memulai layanan percontohan ‘RoboRide’ menggunakan kendaraan otonom Level 4, dan RoboShuttle yang menggabungkan layanan mobilitas ‘Shucle’ responsif permintaan Hyundai dengan teknologi mengemudi otonomnya.
Robotika
Di bidang robotika, Hyundai Motor Group akan terus berupaya meningkatkan kemampuan pengembangannya dan melakukan kerjasama di berbagai bidang terkait mobilitas. Boston Dynamics, bagian baru dari Grup, akan mengomersialkan robot layanannya ‘Spot’ tahun ini dan memperkenalkan robot logistiknya ‘Stretch’ ke pasar.
Pada CES 2022 minggu ini, Grup akan mempresentasikan visinya untuk robotika dan metaverse dengan tema utama ‘Memperluas Jangkauan Manusia’.
UAM (Urban Air Mobility)
Di bidang UAM, Hyundai Motor Group akan terus bersiap untuk mengomersialkan bisnis UAM pada 2028, dengan merek Supernal barunya yang memanfaatkan teknologi manufaktur dan mobilitas berskala Grup untuk merevolusi perjalanan udara dan menawarkan solusi mobilitas antarmoda yang terintegrasi dengan mulus.
Diperkenalkan pada November 2021, Supernal akan mempercepat upaya Grup untuk mengembangkan kendaraan dan infrastruktur lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) yang aman untuk mendukung komersialisasinya.
Menyimpulkan cakupan solusi cerdasnya, Chung mempresentasikan ambisi Grup untuk meningkatkan kemampuannya dan menciptakan sinergi baru di sektor-sektor di luar otomotif. Grup juga akan berusaha untuk merancang mesin pertumbuhan baru, seperti kota pintar, logistik pintar, dan material canggih.
Fokus pada kualitas dan budaya perusahaan untuk memajukan kemampuan karyawan dan manajemen LST
Mengakhiri pidato Tahun Baru, Chung menekankan perlunya menyalurkan upaya dan bakat karyawan untuk mewujudkan berbagai kemungkinan dalam kehidupan para pelanggan serta kebutuhan untuk mengamankan dan mempertahankan tingkat kualitas tertinggi di semua operasi.
Hyundai Motor Group bertujuan untuk menciptakan budaya perusahaan di mana kemampuan setiap karyawan diwujudkan sepenuhnya, memastikan mereka menjadi bagian dari transformasi besar Grup. Budaya perusahaan akan mendukung komunikasi terbuka dengan karyawan untuk meningkatkan rasa pencapaian, menumbuhkan daya saing, dan menumbuhkan kebanggaan yang lebih besar pada perusahaan dan pekerjaan setiap karyawan.
Secara eksternal, Grup akan secara aktif mengupayakan pengelolaan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Grup berencana untuk tumbuh bersama dengan pemegang saham, investor, komunitas lokal, dan pelanggan untuk memastikan kemajuan yang bertanggung jawab demi keuntungan semua orang. Mereka akan menjadi pemimpin dalam perlindungan lingkungan, dan meningkatkan standar keselamatan industri.
Afiliasi utama Hyundai Motor Group mengumumkan pada tahun 2021 bahwa mereka akan berpartisipasi dalam inisiatif RE100 Grup Iklim untuk mendapatkan listrik dari 100 persen energi terbarukan. Hyundai, Kia dan Hyundai Mobis sebelumnya telah mempresentasikan roadmap netralitas karbon yang ingin dicapai pada 2045. ##