TOKYO – Honda Motor merilis all-new Honda Civic Hatchback 2022 yang segera dijual ke pasar Amerika Serikat. Model ini berbasis Honda Civic sedan generasi ke-11.
Honda Civic Hatchback paling fun-to-drive ini menggabungkan gaya eksterior mencolok yang terinspirasi gaya Eropa dan keserbagunaan lima-pintu dengan pengalaman berkendara lebih sporty.
Honda Civic Hatchback 2022 mencakup semua pembaruan teknologi yang dibuat untuk Honda Civic Sedan 2022, termasuk rangkaian standar baru Honda Sensing® untuk keselamatan dan teknologi bantuan pengemudi. Pilihan utama termasuk layer-sentuh berwarna 9”, sistem suara premium Bose, dan layar instrumen digital 10,2 inci.
“Honda Civic Hatchback memainkan peran penting dalam jajaran Honda dan kami berharap model generasi ke-11 yang baru menjadi lebih populer daripada pendahulunya,” kata Dave Gardner, wakil presiden eksekutif National Operations, American Honda Motor Co., Inc.
“Dengan karakter berkendara yang sporty, fun-to-drive, gaya eksterior Euro dan kemasan interior yang fleksibel, Honda Civic Hatchback baru akan menarik bagi para pembeli muda dan aktif yang sangat penting.”
Generasi ke-11 model ini memiliki tingkat kekakuan tubuh 19% lebih kaku dibandingkan generasi sebelumnya. Struktrur tubuhnya sendiri menganut Advanced Compatibility Engineering (ACE).
Untuk pertama kalinya Honda Civic Hatchback 2022 akan tersedia dalam 2 pilihan mesin, yakni:
- 2,0-liter, 4-silinder, naturally aspirated, bertenaga 158 HP pada 6.500 rpm dan bertorsi 187 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan transmisinya manual 6-speed atau CVT.
- 1,5-liter, turbocharger, 4-silinder, bertenaga 180 HP pada 6.000 rpm dan bertorsi 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Opsi transmisinya sama dengan berso 2.000 cc.
Honda menyatakan suspensi dan pengaturan kemudi diperbarui untuk meningkatkan handling dan kenyamanan berkendara, dan rasa yang agak lebih sporty daripada Honda Civic Sedan.
Standar pada semua grade Honda Civic Hatchback 2022 adalah rangkaian teknologi keselamatan aktif dan bantuan pengemudi Honda Sensing baru yang menggunakan sistem kamera tunggal baru yang memberikan bidang pandang lebih panjang dan lebih luas daripada sistem berbasis radar dan kamera sebelumnya. Dikombinasikan dengan kemajuan perangkat lunak dan prosesor baru yang lebih kuat, sistem ini mampu mengidentifikasi pejalan kaki, pengendara sepeda, dan kendaraan lain dengan lebih cepat dan akurat, bersama dengan garis jalan dan rambu-rambu jalan.
Honda Sensing juga menambahkan Traffic Jam Assist, dan sistem berbasis kamera baru meningkatkan fungsionalitas yang ada, seperti aplikasi rem lebih alami dan reaksi lebih cepat saat menggunakan Adaptive Cruise Control (ACC). Teknologi ini juga memiliki aksi kemudi yang lebih linier dan natural saat menggunakan Lane Keeping Assist System (LKAS). Grade Sport Touring memiliki fitur Low-Speed Braking Control baru, dan pencegahan salah start depan dan belakang dengan tambahan delapan sensor sonar. ##