BEIJING — Mobil-mobil BAIC Group dipastikan akan memiliki desain lebih mengesankan di masa depan. Bakat dan pengalaman kreatif Anthony Lo akan membawa ke arah sana.
Anthony Lo merupakan sosok yang sarat pengalaman di dunia desain otomotif. Dan, mulai Oktober 2024, dia bergabung di BAIC Group sebagai Chief Design Officer and Vice President of Global Design.
“Tujuan saya adalah menggabungkan bakat dan pengalaman kreatif saya dengan kepemimpinan teknologi dan semangat inovasi di BAIC Group untuk melintasi batas baru dalam desain mobil, menciptakan produk dan layanan yang tak terbayangkan saat ini. Saya berharap dapat mengangkat Desain sebagai kekuatan pendorong dalam BAIC Group dan bersama dengan para pemimpin lainnya, kita akan melaju menuju masa depan yang indah, bermakna, dan berkelanjutan,” ujarnya.
Sebagai salah satu desainer otomotif top dunia, Anthony Lo memiliki pengaruh dan reputasi yang luar biasa di dunia desain otomotif internasional. Karier desain internasionalnya dimulai dengan Lotus Cars di mana dia mendesain Carlton dan mengerjakan kendaraan terkenal lainnya, seperti sportscar Isuzu 4200R Concept.
Pada tahun 1990, Lo mengerjakan proyek desain tingkat lanjut di Audi di Jerman. Ia terlibat dalam konsep Audi AVUS Quattro, yang benar-benar menggambarkan visi merek Audi dan memengaruhi desain banyak mobil pada masa itu.
Kemudian, dia direkrut oleh Mercedes-Benz untuk bergabung dengan studio desain canggih barunya di Jepang di mana dirinya berkontribusi pada F 200 Imagination, Maybach Concept, dan sangat memengaruhi desain W221 S-Class dengan konsep internal.
Selajutnya Lo menjadi direktur desain lanjutan untuk General Motors Europe. Ia mengawasi proyek-proyek Saab, Opel, dan Vauxhall saat memimpin, dan yang paling menonjol adalah memimpin pengembangan mobil konsep Saab Aero-X. Bersama Saab, Lo bekerja di Swedia sebagai direktur desain di Saab.
Sebagai wakil presiden desain eksterior Renault dari tahun 2010-2021, Lo memimpin tim desainnya untuk menciptakan bahasa desain khusus untuk jajaran produk Renault dan Dacia yang benar-benar baru dan istimewa. Selain itu, ia berperan penting dalam pengembangan strategi desain “Siklus Hidup” Renault untuk membawa merek tersebut ke garis depan kepemimpinan desain.
Anthony Lo akan bekerjasama dengan para desainer hebat, berjuang demi globalisasi BAIC dengan desain kompetitif yang ditingkatkan secara komprehensif dan kualitas BAIC yang lebih baik dapat diharapkan melalui kerjasama gabungan yang kuat untuk mendorong merek tersebut ke tingkat lebih tinggi.
BAIC, yang didirikan pada tahun 1958, berkantor pusat di Beijing, Tiongkok, dan kantor pusatnya, Beijing Automotive Group Co., Ltd., menduduki peringkat ke-162 dalam Fortune 500. BAIC merupakan salah satu grup otomotif milik Pemerintah terbesar di Tiongkok yang mencakup R&D dan manufaktur kendaraan, suku cadang, perdagangan layanan otomotif, layanan perjalanan komprehensif, keuangan, dan investasi, dan lain-lain.
BAIC Group, yang kini berfokus pada tiga bisnis utama kendaraan, suku cadang, dan perdagangan jasa, memiliki mobil pribadinya sendiri: ARCFOX, BEIJING (telah hadir di Indonesia), dan BAIC ORV; kendaraan komersial independen: BAIC Foton, BAIC Changhe; merek usaha patungan: Beijing Benz, Fujian Benz, Beijing Hyundai Motor, dan Foton Daimler. Produk BAIC dijual ke 110 negara dan kawasan di seluruh dunia dengan penjualan kumulatif melebihi 31 juta unit. ##