Tangerang – Merek sepedamotor listrik Alva ramaikan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025. Keikutsertaannya pada pameran sepedamotor terbesar di Indonesia ini, menjadi momentum perayaan tiga tahun perjalanan merek yang dinaungi PT Ilectra Motor Group dalam menghadirkan solusi gaya hidup berkelanjutan di Tanah Air.
Untuk merayakan tiga tahun perjalanannya, merek asli Indonesia ini memberikan subsidi hingga Rp 7 juta bagi pengunjung pameran yang membeli Alva N3, One XP, dan Cervo. Sementara itu, pembeli Alva Cervo X dan Cervo Q akan mendapat potongan hingga Rp 2 juta. lebih lanjut, bagi yang membeli setiap model unggulannya, akan mendapat voucher Pluxee sebesar Rp 500 ribu. Menarik bukan?
“Perjalanan tiga tahun ini menjadi bukti konsistensi Alva dalam menghadirkan inovasi, membangun ekosistem kendaraan listrik, serta memperluas dampak positif bagi Indonesia. Selama tiga tahun terakhir, melalui total jarak tempuh semua motor yang berjumlah 33 juta kilometer, motor listrik Alva berhasil membantu konsumen untuk menghemat biaya hingga 80 persen,” ujar Purbaja Pantja, Chief Executive Officer Alva.
Purbaja melanjutkan, sejak awal didirikan, merek ini telah berkomitmen menciptakan ekosistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Maka dari itu, sebelum resmi meluncurkan brand Alva pada 2022, mereka telah menyiapkan fondasi yang kokoh dengan membangun smart manufacturing yang berlokasi di Cikarang hanya dalam waktu enam bulan.
“Pabrik motor kami disebut sebagai smart manufacturing karena telah dilengkapi teknologi IoT serta berhasil meraih dua sertifikasi internasional: ISO 9001:2015 untuk Manajemen Mutu dan ISO 14001:2015 untuk Manajemen Lingkungan. Dengan fondasi tersebut, pada tahun 2022 kami resmi meluncurkan produk perdana yaitu Alva One, yang kemudian diikuti oleh Cervo dan One XP, hingga berlanjut dengan berbagai inovasi terbaru seperti Cervo Boost Charge, Cervo Q, N3, serta Cervo X,” tambah Purbaja.
Tak sampai di situ, untuk memperkuat ekosistem kendaraan listriknya, pabrikan ini juga menghadirkan infrastruktur pendukung seperti kehadiran 9 Alve Experience Center dan 2 Alva Studio sebagai pusat layanan dan penjualan, ruang interaksi, edukasi, dan pengalaman langsung untuk merasakan ekosistem mobilitas berkelanjutannya.
Merek ini juga mengembangkan Boost Charge Station, teknologi perdana di industri motor listrik Indonesia yang mampu mengisi daya dari 10% hingga 50% dalam kurang dari 30 menit. Teknologi ini dapat ditemui dalam bentuk stasiun pengisian daya yang sudah tersebar di lebih dari 132 konektor di 52 lokasi di seluruh Indonesia.
Lebih lanjut, merek ini juga menghadirkan teknologi AICS (Alva Intelligent Charging System) untuk pengisian baterai yang lebih efisien. Sementara kehadiran aplikasi my Alva App, memudahkan penggunanya untuk melakukan servis, perawatan, dan pemesanan suku cadang kendaraan.
Tiga tahun perjalanannya, Alva menjadi merek sepedamotor pertama di Indonesia yang menghadirkan berbagai teknologi baru, seperti Boost Charge Station, Boost Button dan sistem pengereman ABS. Mereka juga mengukir sejarah sebagai pabrik motor listrik pertama yang memiliki sertifikasi ISO di Indonesia, sekaligus ditetapkan oleh Kemenperin sebagai pabrik percontohan industri 4.0.
Tak hanya fokus pada teknologi dan layanan, unit bisnis PT Indika Energy ini juga membangun kedekatan dengan para pengguna melalui peluncuran Alva Owners Club, komunitas yang hadir sejak Februari 2025 dengan lebih dari 500 anggota terdaftar. Ini, bukti konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang memudahkan dan bermanfaat untuk masyarakat.