JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengabarkan penjualan Daihatsu Xenia selama 4 bulan pertama 2020 yang menyentuh lebih dari 5.000 unit. Angka tersebut menguasai 10,1% segmen Low MPV selama Januari-April 2020.
Penjualan ritel segmen MPV Low secara nasional memang turun tapi tetap menjadi contributor terbesar penjualan mobil, dengan kontribusi sekitar 20,8%.
Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, penjualan Daihatsu Xenia telah lebih dari 670 ribu unit dan menjadi salah satu model paling favorit di Indonesia. Kehadiran Xenia dan saudaranya Toyota Avanza telah menciptakan segmen baru dan menjadi favorit. Terbukti pada tahun 2004 hanya ada 2 merek, namun sekarang terdapat 7 merek yang bersaing di segmen ini.
“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Sebagaimana diketahui, Xenia mengalami perubahan model secara total sebanyak 2 generasi. Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.
Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit atau turun 28,5% dibandingkan periode yang sama 2019.
Sementara itu pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan penurunan sekitar 26,9%. Walau secara volume penjualan Daihatsu turun pada pasar otomotif nasional, namun secara persentase pangsa pasar naik 18,2%.##