Rabu, Juli 2, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Night Pitstop Mobil123 Ungkap Banyak Orang Cari Mobil via Internet

by Indra Prabowo
Maret 28, 2018
Ridho S'gara, salah satu pembicara di Night Pitstop Mobil123,com

Ridho S'gara, salah satu pembicara di Night Pitstop Mobil123,com

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta – Untuk pertama kalinya, portal otomotif Mobil123.com menggelar Night Pitstop,  ajang sharing session tentang digital trend dan analisanya dengan mengundang sejumlah pelaku bisnis otomotif roda-empat maupun roda-dua di Jakarta akhir pekan lalu (23/3).

Dalam kesempatan ini pihak mobil123.com memberikan update terbaru kepada para pelaku bisnis otomotif Tanah Air tentang perkembangan dunia digital yang diharapkan bermanfaat untuk menunjang keberlangsungan bisnis mereka.

“Pada acara ini, para pelaku bisnis otomotif juga bisa saling berbagi dan berdialog secara interaktif serta memberikan update mengenai perkembangan bisnis mereka,” ungkap Regia Glamouria, Country Manager Mobil123.com.

Baca Juga :

Diskon besar pembelian Honda PCX160 di JFK 2025

Review Suzuki Fronx Hybrid

Kejutan Mazda Indonesia di GIIAS 2025, akan rilis 2 model

Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku industri aftermarket otomotif, lembaga keuangan seperti bank, multifinance company dan asuransi serta perwakilan agen pemegang merek (APM).

Perkembangan teknologi yang begitu cepat tak dapat disangkal menjadi salah satu yang begitu banyak mempengaruhi dunia pemasaran. Hal ini tak terkecuali pula di dunia otomotif, di mana perilaku pembeli mobil pun bergeser karena pengaruh teknologi.

Seperti yang disampaikan oleh Ridho S’Gara, Founder dan CEO InboundID. Di tengah penetrasi internet yang sudah menggapai 143 juta masyarakat Indonesia, Ridho menyebutkan ada tiga media besar yang kerap menjadi dikonsumsi oleh masyarakat, yakni mesin pencari, sosial media, dan kanal video seperti YouTube.

Ridho juga mengatakan, trend digital yang tumbuh pesat saat ini ditopang oleh populasi smartphone di Indonesia yang jumlah unitnya lebih besar dari populasi penduduk.

“Koneksi internet via smartphone di Indonesia tergolong murah. Sebanyak 27 persen orang yang melakukan pencarian di search engine di web melakukan pencarian. Produk grocery paling banyak dicari. Otomotif termasuk yang juga dicari di internet,” ujarnya.

Menurut data Google Consumer Barometer, 81% konsumen dunia maya menggunakan mesin pencari untuk mengetahui lebih banyak mengenai mobil yang akan mereka beli. Sementara media sosial memengaruhi penemuan rekomendasi yang dicari oleh konsumen sebelum membeli mobil. Tiga besar media sosial yang paling banyak diakses oleh netizen Indonesia per April 2017 adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

Selanjutnya, hal menarik lainnya adalah soal trend penggunaan kanal video sebagai sarana promosi. Mengutip data Nielsen, Ridho mengatakan, 30 persen audiens di Indonesia memutuskan beli sebuah produk setelah mereka menyimak produknya di sebuah kanal video.

Trend ini juga diamini oleh pembicara lainnya yaitu Sigit Arfianto dari Big Evo, salah satu perusahaan partner resmi Google di Indonesia. Sigit memaparkan data terbaru yang menunjukkan 68 persen pembeli belum memiliki pemikiran tentang produk yang akan dibeli saat mencari di internet. Dia juga menyebutkan, sebanyak 90 persen orang melakukan pencarian via search engine di internet seperti Google, lalu disusul pencarian melalui video.

“Sebanyak 80 persen pembeli menggunakan kanal video. Misal untuk produk mobil, melihat profil produk, fitur, komentar netizen dan lain-lain. Saat ini video menjadi the most disrupted tools, dan sebanyak 53 persen yang gunakan online video (pada akhirnya) memutuskan beli,” beber Sigit.

Karenanya, Sigit menyarankan agar pemegang merek memanfaatkan utilisasi social media untuk membantu membangun merek mereka. “Namun strategi yang dipakai harus tepat. Konten adalah yang utama, dan harus inspiratif, informatif dan edukatif karena itu berpeluang menjadi viral. Bangunlah kolaborasi dengan kreator konten,” pungkasnya.#

Tags: Beli MobilMobil123mobil123.comTrend Digital
Previous Post

All-new Toyota RAV4 2019 akan Bikin Gerah Honda CR-V

Next Post

New Hyundai Tucson 2019 dengan Desain Lebih Tajam

Related Posts

Honda PCX160
Berita

Diskon besar pembelian Honda PCX160 di JFK 2025

Juli 2, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
Mazda Indonesia
Berita

Kejutan Mazda Indonesia di GIIAS 2025, akan rilis 2 model

Juli 1, 2025
Tesla Model Y
Berita

Keren, Tesla mulai kirim mobil tanpa sopir ke pelanggan

Juli 1, 2025
Adira Finance dan Mandala Finance
Berita

Adira Finance dan Mandala Finance akan resmi merger per 1 Oktober 2025

Juli 1, 2025
GAC AION UT 2025 segera diluncurkan pada GIIAS 2025
Berita

Incar Segmen Hatchback EV, AION UT akan meluncur di GIIAS 2025

Juni 30, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.