Jumat, Juni 6, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

CATL Luncurkan Chassis Mobil Listrik dengan Keamanan Tingkat Tinggi

by Indra Prabowo
Desember 30, 2024
Bedrock Chassis

Bedrock Chassis dari CATL

Share on FacebookShare on Twitter

SHANGHAI — Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) meluncurkan Bedrock Chassis. Rangka dasar mobil listrik ini diklaim sebagai chassis skateboard ultra-aman pertama di dunia.

Bedrock Chassis untuk mobil listrik sanggup menahan benturan frontal 120 km/jam tanpa terbakar atau meledak. Ini menetapkan standar baru untuk keamanan chassis cerdas, yang memberikan perlindungan menyeluruh di semua skenario dan rentang kecepatan.

Dengan desain yang berpusat pada baterai, Bedrock Chassis dari CATL menggunakan teknologi integrasi Cell-to-Chassis (CTC), yang secara langsung mengintegrasikan sel baterai ke dalam chassis, sehingga memungkinkan desain struktural yang sama di antara keduanya. Dan berdasarkan pemisahan chassis dari body atas, Bedrock Chassis mampu menyerap 85% energi tabrakan kendaraan (dibandingkan dengan sekitar 60% yang diserap oleh chassis tradisional).

Baca Juga :

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

Melalui berbagai terobosan teknologi, Bedrock Chassis berhasil lulus uji keselamatan ekstrem ganda pertama di dunia “kecepatan tertinggi + benturan terkuat”. Pencapaian ini memungkinkan chassis lulus uji benturan tiang tengah depan 120 km/jam tanpa terbakar, meledak, atau mengalami landasan termal, yang mendefinisikan ulang tolok ukur keselamatan dalam industri.

Saat ini, kecepatan untuk uji keselamatan benturan frontal dalam C-NCAP (China New Car Assessment Program) yang umum digunakan adalah 56 km/jam, yang, saat mengalami benturan frontal pada kecepatan ini, menghasilkan energi tabrakan setara dengan jatuh dari gedung setinggi 12 meter. Sebagai perbandingan, benturan frontal pada kecepatan 120 km/jam setara dengan jatuh dari gedung setinggi 56 meter, menghasilkan energi tabrakan 4,6 kali lipat dari tabrakan pada kecepatan 56 km/jam.

Dalam uji tabrakan ujung depan yang lebih ketat, di mana mensimulasikan tabrakan dengan objek nonstandar seperti tiang listrik, pohon besar, atau hewan, area benturannya hanya 1/6 dari benturan frontal lebar penuh, yang secara eksponensial meningkatkan tekanan benturan. Pada kecepatan 120 km/jam, tekanan benturan pada chassis per satuan area dalam benturan tiang tengah frontal adalah 21 kali lipat dari benturan frontal lebar penuh 56 km/jam dalam pengujian C-NCAP.

Baterai Bedrock Chassis

Karena kecepatan dan intensitas tabrakan yang sangat tinggi, belum pernah ada kendaraan energi baru (NEV) yang berani menantang uji benturan ujung depan dengan kecepatan 120 km/jam. Dengan tantangan ekstrem ini, Bedrock Chassis dari CATL telah merintis jalan baru bagi industri ini.

CATL Bedrock Chassis menampilkan struktur cangkang kura-kura biomimetik tiga dimensi revolusioner, di mana rangka body dan unit energi terintegrasi, terhubung erat untuk memberikan perlindungan yang tidak dapat dihancurkan pada unit energi. Dan struktur penahan sekelas kapal induk menyebarkan gaya benturan ke berbagai jalur selama tabrakan, secara bertahap memperlambat kendaraan dan secara signifikan mengurangi kedalaman dan kecepatan rintangan yang masuk ke kabin. Pemanfaatan baja yang dibentuk panas sekelas kapal selam dengan kekuatan 2000MPa, paduan aluminium sekelas kedirgantaraan dengan kekuatan 600MPa, dan berbagai struktur penghalang semakin meningkatkan kekakuan sasis, membuatnya hampir kedap air.

Selain itu, CATL Bedrock Chassis menggabungkan desain sel baterai yang sangat aman, teknologi NP, dan film insulasi penyerap energi dengan keuletan tinggi. Dalam hal pemutusan tegangan tinggi, pemutusan seketika sirkuit tegangan tinggi tercapai dalam waktu 0,01 detik setelah benturan dan pelepasan energi tegangan tinggi sisa di dalam kendaraan selesai dalam waktu 0,2 detik, sehingga menciptakan rekor industri baru.

Khususnya, sel baterai telah menjalani pengujian yang sangat berat, termasuk pengujian benturan kereta luncur berkecepatan tinggi pada kecepatan 60 km/jam, pengujian tekukan 90 derajat, dan pengujian penggergajian terobosan, baterai tidak terbakar atau meledak di ketiga pengujian tersebut. Pengujian ini, yang semuanya merupakan yang pertama di industri oleh CATL, telah meningkatkan standar keselamatan sel baterai ke tingkat yang lebih tinggi. ##

Tags: Bedrock ChassisCATLChassis Mobil ListrikMobil Listrik
Previous Post

Leapmotor akan Luncurkan C10 Berteknologi REEV

Next Post

Dealer BAIC PIK 2 Tangerang telah Diresmikan

Related Posts

Perawatan Motor
Berita

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Juni 6, 2025
Dustin Tiffani
Berita

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Juni 6, 2025
Toyota Fortuner Hybrid
Berita

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

Juni 5, 2025
Vespa Sprint Tech
Berita

Vespa Sprint Tech bisa dipesan sekarang

Juni 5, 2025
Sauna Bertenaga Hidrogen Toyota
Berita

Toyota & Harvia pamer konsep sauna bertenaga hidrogen

Juni 5, 2025
Xpeng G6 dan Xpeng X9
Berita

Segera Meluncur, Ini Bocoran Harga Xpeng X9 dan G6

Juni 4, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.