JAKARTA – All-new Toyota Hilux Rangga resmi diniagakan PT Toyota-Astra Motor (TAM) seharga mulai dari Rp 188 jutaan. Dengan harganya yang kompetitif, titisan Toyota Kijang pickup ini bisa menjadi ancaman serius bagi Mitsubishi L300 dan Suzuki Carry.
Apa saja keunggulan Toyota Hilux Rangga? Ini daftarnya:
- Tampil ikonik bergaya modern retro
Apabila melihat tampilan Toyota Hilux Rangga, kesan pertama yang kita dapatkan adalah modern sekaligus retro. Model ini tampil mencolok, memecah segala batasan yang ada pada kendaraan niaga dengan tampilan sederhana dan mengutamakan fungsi saja.
Hilux Rangga bisa dibilang mengadopsi bahasa desain Land Cruiser Prado generasi terkini yang tampil kekar dan tegas. Bagian fascia depannya tersemat bumper berkelir hitam tiga potongan yang dapat diganti sebagian apabila ada yang rusak. Kap mesin dibuat tinggi, dengan grill cukup besar memaksimalkan pendinginan mesin.
- Fungsional tetap jadi utama
Meski tampilannya ikonik, all-new Hilux Rangga tak pelak menghilangkan sisi fungsionalitasnya. Kendaraan niaga ini menjadi pertama di kelasnya yang memiliki roof rack mounting point di atas kabin. Berdaya angkut (payload) 75 kg, mampu membopong muatan tambahan, lampu strobo dan rotator, hingga mampu menahan box pendingin.
Tak sampai di situ, Hilux Rangga bertipe flat deck memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm dengan daya angkut 1,2 ton. Apabila dikonversi, mampu memuat sebanyak 56 galon. Pada tipe dek bukaan 3-arah, terdapat 8 pengait (hook) pada tutup bak kiri dan kanan. Sementara tipe dek bukaan belakang, 4 pengaitnya cukup kuat mengikat barang bawaan.
Berstatus kendaraan niaga, Toyota all-new Hilux Rangga membebaskan pemilik menjadikannya sesuai kebutuhan. Model ini juga tersedia dalam pilihan tipe cab chassis yang dapat dipasangkan dry box dan cool box. Belum lagi, model ini dapat dikonversi menjadi camper van, ambulance, hingga sebagai food truck sebagai opsi tambahan karena dikerjakan pihak karoseri.
- Chassis kuat, tenaga mantap
Mengutamakan keserbagunaan, all-new Hilux Rangga menggunakan platform IMV yang juga disematkan pada Hilux, Fortuner, dan Kijang Innova. Platform kendaraan niaga yang menggunakan chassis tangga (ladder frame) ini, dikenal tangguh dan terbukti kuat digunakan untuk berbagai kebutuhan.
Platform IMV yang disematkan di Hilux Rangga akan menggendong dua pilihan mesin, yaitu bensin atau diesel. Mesin bensinnya berkode 1TR-FE 2.000 cc berdaya 139 PS berikut torsi 138 Nm yang cukup untuk mobilitas ringan. Sementara varian mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc, tenaganya lebih badak berdaya 149 PS dengan torsi mencapai 343 Nm.
Menariknya, Toyota Astra Motor memberikan pilihan lain yang sampai saat ini belum diikuti kompetitor. Selain menawarkan sistem transmisi manual 5-percepatan, nyatanya Hilux Rangga juga tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 6-percepatan. Cocok banget bagi pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara mandiri.
- Nyaman dengan kemudahan operasi
Toyota all-new Hilux Rangga hadir dengan menawarkan kenyamanan berkendara lantaran posisi duduk pengemudi ergonomis dan tak berada di atas sumbu roda. Otomatis, ketika melewati jalan rusak guncangannya juga lebih minim.
Karena kendaraan niaga ini menyematkan mesin di bagian depan, tentunya area kabin juga lebih senyap. Belum lagi, penumpang dan pengemudinya pun dibuat lebih nyaman karena ruang kabin lebih lapang.
Kerennya kendaraan niaga ini, sudah menyematkan sistem kemudi rack and pinion layaknya mobil penumpang. Pengemudi juga dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara, apalagi ketika berputar arah. Untungnya, model ini juga cukup lincah karena memiliki radius putar 4,9 meter.
- Keamanan juga jadi prioritas
Bagi Toyota, keamanan merupakan salah satu perhatian dalam mengembangkan Hilux Rangga. Oleh karena itu, kendaraan niaga ini dilengkapi fitur keselamatan seperti sabuk pengaman 3-titik, kantung udara, kunci immobilizer, side body under run, serta cabin protector. Adanya bonnet, juga menjadi fitur keamanan tambahan dari tabrakan frontal.
Sistem kontrol kendaraan seperti ABS+EBD juga tersemat di kendaraan niaga ini. Bahkan, pemilik Hilux Rangga High Diesel A/T sebagai tipe tertinggi juga dilindungi fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat.
“Berkat kualitas, daya tahan, dan keandalannya, Hilux Rangga merupakan investasi jangka panjang yang memberikan nilai tambah. Kendaraan niaga ini tidak hanya mampu bertahan lebih lama, tetapi juga serbaguna dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan lain. Sehingga membantu perusahaan menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi tanpa mengurangi utilitas dan usia pakai,” ujar Jurachart Jongusuk, Chief Engineer all-new Hilux Rangga.
Semua keunggulan Toyota Hilux Rangga di atas bisa menjadi modal untuk berkiprah di segmen kendaraan niaga. **