CHIBA — Tidak jarang wiraniaga mobil gagal dalam bernegosiasi dengan calon konsumen di showroom. Boleh jadi calon pelanggan merasa tertekan atau suasana outlet tidak membuatnya nyaman.
Daihatsu Motor Company (DMC) punya resep ampuh agar setiap orang yang berkunjung ke outlet mereka merasa sangat nyaman. Sejak September 2005, perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, ini mengimplementasikan Daihatsu Cafe Project di outlet-outlet mereka di Jepang.
Tujuan dari Daihatsu Cafe Project adalah untuk menciptakan toko yang nyaman di mana para wanita, yang merupakan 70% pelanggan mereka, dapat dengan mudah mengunjungi dan menghabiskan waktu dalam suasana santai seperti kafe.
Anda tidak akan menemukan mobil-mobil yang dijual di dalam showroom. Sebaliknya ditempatkan di bagian luar depan bangunan showroom.

Di dalam bangunan outlet justru menampilkan sejumlah meja dan kursi nyaman untuk wiraniaga dan tamunya berdiskusi, kids corner, kamar menyusui, serta ruang tunggu bengkel.
Untuk mengusir rasa bosan pelanggan saat menunggu mobil diservis, disediakan televisi dan buku/majalah sebagai bahan bacaan. Dan, karena berkonsep Daihatsu Cafe, setiap pelanggan bisa menikmati beberapa pilihan kopi hangat dan dingin.

Pengalaman itu kami rasakan langsung saat berkunjung ke outlet Daihatsu Chiba Matsudo Minami, Jepang, pada Selasa lalu (25/10). Para petugas customer relation yang sangat ramah menyambut dengan kehangatan setiap tamu yang masuk ke dalam outlet.
Outlet Daihatsu Chiba Matsudo Minami memiliki beragam aktivitas dalam menciptakan kenyamanan dan kehidupan lebih baik melalui kegiatan bersama para pelanggan dan masyarakat lokal. Hal ini menjadi penting karena jumlah pelanggan di outlet ini lebih dari 2.000 pelanggan.
Outlet ini sangat spesial karena selama 27 tahun berhasil dengan penjualan tertinggi seantero Negeri Sakura.
Selain itu, kondisi populasi di Chiba lebih banyak didominasi oleh masyarakat lanjut usia. Sehingga, Daihatsu berinisiatif untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan tersebut dengan menyediakan fasilitas pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, pelatihan mengemudi mobil khusus kaum lanjut usia agar tetap aktif, serta penyelenggaraan pasar untuk memfasilitasi kebutuhan mereka pada waktu atau momen tertentu.
Oiya, selain deretan mobil baru dipajang di bagian luar, outlet ini pun memberikan para tamunya kesempatan untuk merasakan secara langsung fitur auto brake. Tentu saja, tamu akan disopiri oleh wiraniaga. ##