HAMAMATSU — Pada Agustus 2023, Suzuki Motor Corporation (SMC) menorehkan sejarah baru. Penjualan Suzuki di dunia secara akumuluasi mencapai 80 juta mobil sejak Suzukilight diproduksi secara massal.
Secara lebih detail, Suzuki telah menjual 28,9 juta mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri.
Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, di India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10%, Asia sebesar 13,5%, dan wilayah lainnya sebesar 7,8% meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara-negara lainnya.
Sejak pertama kali meluncurkan kendaraan roda-empat ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, Suzulight, pada Oktober tahun 1955, Suzuki selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk original yang telah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Mereka juga terus bergerak maju dengan inovasi dan pengembangan beragam jenis kendaraan ringan roda-empat. Setelah itu, pada tahun 1965, perusahaan memasuki pasar mobil compact dengan merilis Fronte 800.

Penjualan perdana mereka ke luar Jepang dimulai dari Suzulight pada 1959. Pada tahun 1975, mereka mulai produksi kendaraan roda-empat lokal pertamanya di Pakistan, dan kemudian memperluas produksi di luar negeri, termasuk di India pada tahun 1983 dan Hungaria pada tahun 1992.
India kini turut berperan sebagai basis produksi bukan hanya untuk keperluan dalam negeri saja, tetapi juga untuk diekspor ke Afrika dan negara-negara lain.
Saat ini, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu ini memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, dan mobil-mobil mereka telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.
Alto merupakan mobil terlaris Suzuki. Saat ini menyumbang 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu. Mobil terlaris Suzuki ini sendiri telah digunakan oleh banyak konsumen selama 44 tahun sejak dirilis pertama kali pada tahun 1979 dan telah menjadi model perwakilan light four-wheeled vehicle atau kendaraan ringan roda-empat milik Jepang.
Alto yang merupakan mobil mini asal Jepang ini tidak hanya tersebar di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia dan berkontribusi terhadap penjualan secara signifikan terutama di India.
”Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk kami. Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri. Meninjau kembali prinsip ”Menempatkan diri pada posisi pelanggan” yang telah diturunkan dari pendiri kami, Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai “Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)” yang mewakili inti manufaktur kami. Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan,” ujar SMC President, Toshihiro Suzuki.
Tiga besar penjualan Suzuki di dunia dikuasai oleh Alto yang mencapai 16,01 juta unit. Lalu diikuti oleh WagonR series 9,5 juta unit, dan Swift series 8,95 juta unit. ##