Kamis, Oktober 30, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Toyota Kijang Innova Zenix, Ini Rasanya!

by Kusnadi Cahyono
Desember 22, 2022
Toyota Kijang Innova Zenix
Share on FacebookShare on Twitter

Semarang – Toyota Kijang Innova Zenix yang kini berplatform terbaru andalkan Toyota New Global Architechture atau TNGA-C (GA-C), tentunya hadirkan pengalaman berbenda berbanding enam generasi pendahulunya. Yup, sudah tak ada ladder-frame di bagian kolong, serta sistem penggerak roda kini sudah fokus di depan dan transmisi gunakan tipe CVT 10 percepatan.

Bisa dibilang, TNGA-C ini sebelumnya sudah digunakan di tipe kendaraan penumpang yang Toyota Voxy. basis mobil keluarga ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan berlebih kepada pengendara dan penumpang Toyota Kijang Innova Zenix.

Redaksi Otobisnis.com mendapat kesempatan dari PT Toyota Astra Motor untuk mencicipi generasi ketijuh dari Toyota Kijang Innova Zenix di acara Jurnalis Test Drive, Selasa-Rabu, 20-21 Desember 2022. Pada hari pertama, menjajal tipe V bermesin bensin, empat silinder 2.000 cc. Diklaim tenaganya mencapai 171 hp pada 6.600 rpm dan torsinya 205 Nm pada 4.500 – 4.900 rpm.

Sebagai informasi kami jumpai dimensi Toyota Kijang Innova Zenix lebih besar berbanding pendahulunya. Panjang kabinnya 1.746 mm bertambah 56 mm, lebar kini 1.488 mm bertambah 46 mm. Start dari arah Sleman ke Kopeng, Salatiga, jalurnya cukup menantang buat mobil berpenggerak roda depan. Ditambah kemudi yang ringan dan posisi duduk terasa lebih tinggi membuat pengendara bisa lebih percaya diri mengendalikan Innova Zenix.

Baca Juga :

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

all new toyota kijang innova zenix

Total jarak yang ditempuh di etape pertama ini sudah mampu menunjukkan Toyota Kijang Innova Zenix sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. Sistem penggerak roda depan yang mempercayakan transmisi tipe CVT menjanjikan akselerasi lebih responsif. Tapi memang sepatutnya pengendara melakukan ‘kick down’ ketika ingin mendahului kendaraan di depan, apalagi saat di tanjakan. Transmisinya akan secara cepat menyesuaikan kebutuhan pengendaranya.

Apabila pengendara ingin lebih agresif lagi melajukan Toyota Kijang Innova ini, bisa dioperasikan secara manual “+ dan -“, Toyota menyebutkan CVT berteknologi direct shift-CVT berkode K120. Ada 10 percepatan mode sequential shiftmatic yang sudah disiapkan, sehingga bisa lebih dieksplorasi oleh kami.

Selama perjalanan kurang lebih sekitar 45 km tersebut, mesin bensin ini menunjukkan efisiensi bahan bakar yang cukup lumayan. Melewati banyak tanjakan yang membutuhkan putaran mesin hingga 3.000-4.000 km berbanding jalan konstan di jalur bebas hambatan. Kami mendapat di Multi Information Display (MID), konsumsi bahan bakarnya menyentuh 8,7 kpl.

Melewati jalur lintas daerah, suspensi Kijang Innova Zenix terbilang nyaman. Adapun bagian depan gunakan sistem suspensi MacPherson strut, sedangkan bagian belakang menggunakan torsion beam dengan coil spring.

Kesenyapan kabin juga terasa lebih baik meskipun bobotnya berkurang 170 kg berbanding generasi ke-6, meskipun ground clearancenya terbilang tinggi hingga 185 mm. Oh iya, jarak pijak roda depan 1.560 mm dan belakang 1.570 mm.

Tags: Innovainnova ZenixPT Toyota Astra MotorToyota Kijang Innova Zenix
Previous Post

Honda CB150X 2023 Hadir dengan Warna Sahara Matte Brown

Next Post

Tenaga Honda WR-V Ungguli Raize dan Rocky

Related Posts

AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Toyota Century
Berita

Toyota pamerkan solusi mobilitas dengan pendekatan Multi Pathway di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025

TERBARU

AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Toyota Century
Berita

Toyota pamerkan solusi mobilitas dengan pendekatan Multi Pathway di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Jaecoo J5 EV ungkap interior jelang peluncuran

Oktober 23, 2025
Citroen C3 Aircross
Berita

Citroen C3 Aircross SUV jadi pilihan menarik di kelas Rp300 jutaan

Oktober 13, 2025
Chery Tiggo 9 CSH AWD
Berita

Chery Tiggo 9 CSH AWD mobil all-in-one untuk keluarga

Oktober 12, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.