MILAN — Italjet unjuk taring di kandangnya, EICMA Milan 2022, dengan meluncurkan Italjet Dragster 500GP. Model ini sekaligus melengkapi 125cc dan 200cc yang telah dijual lebih dahulu.
Kendaraan hyper sport ini memberikan kekuatan nyata sepedamotor dengan bobot ringan dan kelincahan layaknya hyperscooter dan memberi kehidupan pada kategori kendaraan baru, URBAN GEARED.
Seperti halnya Dragster 125 dan 200, motor ini tetap telanjang dan memamerkan rangka teralisnya. Dragster 500GP dilengkapi dengan mesin 450cc 4-valve 1-silinder berpendingin cairan dengan poros kembar (twin shafts), yang menghasilkan 43 HP (32 kW) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 43 Nm pada 6.000 rpm.
Transmisi dibuat dengan gearbox 6-percepatan dengan kopling multi-pelat dalam penangas oli. Injeksi elektronik, start elektrik, dan knalpot dua arah di bagian bawah body melengkapi paket teknis Dragster 500GP baru.
Di bagian depan sasis, komponen-komponennya kelas satu, dimulai dengan rangka teralis yang dilengkapi dengan garpu Upside-down dengan penyangga 47 mm dan, di bagian belakang peredam kejut hidropneumatik ganda dengan pegas beban yang dapat disesuaikan. Bagian pengereman memiliki dua cakram depan dengan diameter 270 mm dan cakram belakang dengan diameter 230 mm. Kaliper BREMBO dan dilengkapi dengan sistem ABS.
Roda-rodanya dibungkus oleh ban PIRELLI memiliki dimensi masing-masing 120/70-15″ dan 160/60-15″ di depan dan belakang.
Dragster 500GP baru memiliki bobot 180 kg, wheelbase kompak 1.484 mm, dan sadel ditempatkan 820 mm dari tanah. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 12 liter.
DRAGSTER # e01 Electric
Selain Dragster 500GP, Italjet pun memamerkan prototipr akhir DRAGSTER # e01 Electric, di EICMA 2022. Kendaraan listrik roda-dua ini diharapkan akan dijual pada paruh kedua 2023.
Versi ‘nol emisi’ ini mengadopsi motor listrik dengan daya puncak 12 kW dan daya nominal 6 kW, torsi maksimum 360 Nm di roda.
Baterai, dengan kapasitas maksimum 4,91 kWh, menjamin jangkauan 180 km dalam siklus perkotaan (90 km ekstra perkotaan dan 150 km dalam siklus NEDC). Waktu pengisian daya berkisar dari 4,0 jam (95%) hingga 5,5 jam (100%) dengan daya pengisian standar 1,0 kW dan turun menjadi 36 menit (100%) atau 30 menit (95%) jika pengisian cepat (10 kW).
Rangka teralis yang dipadukan dengan sistem kemudi mandiri (S.I.S.) memberikan fleksibilitas, kekuatan, dan keselamatan berkendara pada kendaraan.
Rem cakram hidrolik — depan dengan diameter 200mm dan belakang dengan diameter 190mm — menampilkan kaliper BREMBO, meningkatkan keamanan dalam berkendara yang sporty. Roda memiliki diameter yang berbeda: ban PIRELLI 120 / 70-12″ di depan, 140-60-13″ di belakang.
New DRAGSTER#e01 Electric memiliki bobot 150 kg, wheelbase 1.350 mm, dengan tinggi jok 770 mm. ##