MUNICH — BMW M 1000 R (BMW M R) bersiap membawa penunggangnya mengguncang lintasan balap dan jalan-jalan luar kota yang menantang. Inilah model M kedua dari BMW Motorrad.
“BMW M R merupakan model M kedua dari BMW Motorrad. Berbasis BMW S 1000 R dan BMW S 1000 RR yang dijual saat ini, substansi produk dari BMW M 1000 R telah diatur untuk memenuhi persyaratan spesifik dari roadster supersport. Dinamika berkendara berbicara sendiri baik di jalan pedesaan maupun di trek balap,” ujar Ralf Mölleken, Manajer Proyek model 4 silinder.
BMW M R memiliki mesin 4-silinder segaris berpendingin air yang dimodifikasi berbasis jantung mekanis BMW S 1000 RR. Output daya puncaknya adalah 154 kW (210 hp) pada 13.750 rpm, 33 kW (45 hp) lebih besar daripada di BMW S 1000 R. Torsi maksimum 113 Nm dihasilkan pada 11.000 rpm (BMW S 1000 R: 114 Nm pada 9.250 rpm ).
Dibandingkan dengan BMW S 1000 R, putaran maksimum BMW M R sekarang adalah 14.600 rpm. Peningkatan traksi roda belakang di semua gigi juga disediakan oleh rasio gigi sekunder yang lebih pendek melalui penggunaan sproket dengan 47 gigi (BMW S 1000 R: 45 gigi). Selain itu, rasio gigi pada gigi 4, 5 dan 6 lebih pendek, yang juga menguntungkan daya dorong dan traksi pada roda belakang.
Dengan output mesin 154 kW (210 hp), bobot kosong DIN hanya 199 kg bahan bakar penuh, dan teknologi suspensi dan aerodinamis yang dirancang untuk penggunaan jalan berperforma tinggi dan putaran cepat di arena pacuan kuda, BMW M R menghadirkan pengendaraan yang dinamis, pengalaman di segmen roadster yang sebelumnya disediakan untuk superbike asli.
Selain teknologi penggerak dan suspensi, aerodinamika juga menjadi poin utama dalam spesifikasi pengembangannya. Motor baru diberi winglet-winglet di area panel samping depan dengan tujuan untuk mencapai waktu putaran yang lebih cepat di trek balap dan stabilitas berkendara terbaik pada kecepatan tinggi. Pada kecepatan 160 km/jam, mereka memberikan peningkatan beban roda depan 11 kg pada 220 km/jam berkat downforce aerodinamis yang dihasilkan.
Sejumlah penyesuaian pun dilakukan oleh BMW Motorrad agar BMW M 1000 R lebih dahsyat dibandingkan basisnya. ##