HANNOVER — Hyundai Motor Company dan Iveco Group meluncurkan IVECO eDAILY Fuel Cell Electric Vehicle di pameran IAA Transportation 2022. Kendaraan tersebut merupakan salah satu wujud nyata kerjasama kedua perusahaan yang dimulai Maret 2022.
Hyundai dan Iveco Group memiliki tujuan keberlanjutan ambisius, seperti yang ditunjukkan oleh komitmen masing-masing, dan memanfaatkan kolaborasi mereka untuk membantu mempercepat transisi menuju nol karbon bersih.
Pada Juli 2022, kedua perusahaan bersama-sama mengumumkan kendaraan-kendaraan IVECO BUS bertenaga hidrogen yang dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar Hyundai, dengan keunggulan relevan yang diharapkan dalam hal kinerja dan emisi. Dan di IAA Transportation 2022, mereka memperkenalkan eDAILY Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), yang mewakili potensi masa depan van besar terlaris dan produksi terpanjang IVECO, dengan jangkauan yang saat ini mencakup sebuah propulsi tradisional dan metana/bio-metana, dan model kendaraan listrik baterai baru (BEV).
“Menyusul pengumuman baru-baru ini bahwa IVECO BUS akan melengkapi bus bertenaga hidrogen masa depan dengan sel bahan bakar kami, eDAILY bertenaga hidrogen adalah contoh nyata lain dari apa yang dapat kami capai dengan bekerjasama dalam mempercepat transisi ke netralitas karbon”, komentar Martin Zeilinger , Kepala Unit Teknologi Pengembangan Kendaraan Komersial Hyundai Motor Company. “Kemitraan yang terbentuk antara kedua perusahaan telah terbukti sangat sukses dan kami mengharapkan hasil lebih baik di tahun-tahun mendatang.”
Prototipe eDAILY FCEV dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar hidrogen 90 kW dan e-motor 140 kW dari Hyundai. Enam tangki menawarkan kapasitas penyimpanan gabungan 12 kg hidrogen. Prototipe GVW 7.2 ton telah diuji di Eropa, memastikan jangkauan mengemudi 350 km, muatan maksimum 3 ton dan waktu pengisian bahan bakar dalam waktu 15 menit.
Sementara eDAILY BEV, yang juga diluncurkan di IAA, paling cocok untuk perjalanan singkat, eDAILY FCEV akan menjadi pilihan ideal untuk pengiriman yang lebih lama di mana muatan tinggi dan jarak jauh diperlukan.
Bagian integral dari eDAILY FCEV adalah paket baterai dari FPT Industrial, merek powertrain dari Iveco Group, sedangkan sistem sel bahan bakar yang disediakan oleh Hyundai adalah langkah terbaru dalam perjalanan mobilitas hidrogen perusahaan selama lebih dari 20 tahun.
Teknologi sel bahan bakar canggih Hyundai sudah digunakan dalam berbagai aplikasi, dan terutama di sektor kendaraan komersial. Sistem ini mencatat lebih dari 4,5 juta km di Swiss dengan truk tugas berat yang menunjukkan kinerja dan keandalannya yang kuat. Slogan “Direkayasa oleh Iveco Group, didukung oleh Hyundai” mencerminkan kerjasama yang saling menguntungkan ini dan juga akan menjadi pendorong inisiatif serupa di masa depan.
“Pada hari kami mengumumkan bahwa proyek eDAILY baterai-listrik kami telah menjadi kenyataan, kami sangat senang mempersembahkan eDAILY bertenaga hidrogen pertama kepada dunia. Berdasarkan prototipe ini, kami bertujuan untuk meluncurkan serangkaian kecil van FCEV untuk uji coba dengan para pelanggan terpilih pada akhir tahun depan”, kata Marco Liccardo, Chief Technology & Digital Officer, Iveco Group. ##