Kamis, Oktober 30, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Hino Motors, Pelopor Mesin Common Rail Diesel

by Indra Prabowo
Mei 2, 2021
Hino Bus
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA – Pada 2022, Pemerintah akan menerapkan standar emisi Euro 4. Para pabrikan kendaraan niaga pun dituntut mengikuti standar baru tersebut mulai tahun depan.

Hino Motors sendiri sebagai pemimpin di segmen medium duty truck selama lebih dari 2 dekade menyatakan kesiapannya. Teknologi terpenting agar kendaraan memenuhi standar itu adalah common rail.

Hino Motors sendiri tak asing dengan teknologi common rail. Pada 1995 Hino Motors menjadi produsen kendaraan komersial pertama yang mengembangkan teknologi common rail di dunia.

Baca Juga :

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Saat ini, Hino Indonesia yang merupakan salah satu basis produksi Hino di dunia. Hino Indonesia mengekspor kendaraan utuh atau Completely Build Up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan bis sejak 2010.

Pasar-pasarnya adalah ASEAN dan Amerika Latin. Terutama negara-negara yang sudah memiliki standar emisi Euro 4 yang bermesin common rail yakni Filipina dan Vietnam.

Pada 2012, Hino Indonesia memperkenalkan teknologi mesin common rail di truk dan bus: Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285. Kendaraan-kendaraan tersebut sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan bakar common rail, yaitu bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injector-injektor yang dikontrol secara elektronik. Kerja injektor-injektor menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU.

Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga lebih baik. Mesin dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta menghasilkan lebih sedikit emisi.

Mesin common rail Hino memiliki berbagai macam keunggulan seperti sistem supply bahan bakar Hino Common Rail memiliki 3x penyaringan bahan bakar, hal ini melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Selain itu Injector menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) yang membuat durabilitas dari injector sangat baik tahan terhadap gesekan. Sistem common rail turut juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan karena pembakaran lebih sempurna karena pengaturan untuk injeksi, waktu, jumlah dan tekanan dapat diatur membuat emisi jauh lebih rendah.

“Beberapa model Hino Ranger dan Hino Bus sudah mengadopsi teknologi common rail, dan hasilnya cukup baik dan diterima menjadi andalan para konsumen dalam menjalankan bisnisnya disini. Ini menjadi bukti bahwa kendaraan-kendaraa kami dapat diandalkan termasuk nanti saat era Euro4 tiba,” ujar Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) – Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Menurutnya, mesin Hino common rail sudah menjalani serangkaian pengujian, termasuk untuk Hino Bus. Hasilnya test internal Hino di rute Transjawa, mesin berada pada suhu normal dan tidak ada kendala sama sekali, begitu pun dengan temperature oli yang dalam kondisi panas normal.

“Tentunya ini salah satu keunggulan kami, dengan volume oli yang lebih sedikit 12.7 liter. Ternyata tidak ada ganguan sama sekali di engine dan terbukti Hino Bus ini reliable untuk jalur Trans Jawa dan lebih efisien dan hemat dalam biaya operasional,” tambah Santiko. ##

Tags: Bus HinoCommon Rail HinoHinoHino RangerTruk Hino
Previous Post

Syukuran HUT ke-18, FORWOT Gelar Aksi Sosial

Next Post

Euro 4 Diterapkan 2022, Isuzu Siap

Related Posts

BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Pajero Sport
Berita

Pajero Sport tangguh di medan offroad, kalem di jalan raya

Oktober 29, 2025

TERBARU

AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Toyota Century
Berita

Toyota pamerkan solusi mobilitas dengan pendekatan Multi Pathway di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Jaecoo J5 EV ungkap interior jelang peluncuran

Oktober 23, 2025
Citroen C3 Aircross
Berita

Citroen C3 Aircross SUV jadi pilihan menarik di kelas Rp300 jutaan

Oktober 13, 2025
Chery Tiggo 9 CSH AWD
Berita

Chery Tiggo 9 CSH AWD mobil all-in-one untuk keluarga

Oktober 12, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.