Jakarta — Kondisi ekonomi nasional saat ini, menuntut para pelaku bisnis untuk tangguh beradaptasi. Bridgestone Indonesia selaku pemain besar di industri ban kendaraan, menghadapi hal ini dengan upaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui inovasi teknologi, peningkatan kualitas layanan, serta hadirkan berbagai inisiatif sosial.
Bagi Mukiat Sutikno selaku President Director Bridgestone Indonesia, tahun 2025 menjadi periode yang menuntut ketahanan dan fleksibilitas bisnis. Meski kondisi pasar masih belum stabil, perusahaan ban asal Jepang ini terus melihat peluang untuk bertumbuh. Caranya dengan mengutamakan kualitas, keselamatan, dan kepuasan pelanggan.
“Kami memahami bahwa perubahan ekonomi dan sosial saat ini sangat cepat. Namun satu hal yang tidak berubah adalah komitmen kami untuk selalu menjadi mitra mobilitas yang andal bagi masyarakat Indonesia. Kami terus berupaya menjaga stabilitas dan memastikan setiap langkah bisnis memberikan nilai bagi pelanggan dan masyarakat,” ujar Mukiat.
Ia menambahkan, untuk mewujudkan setiap langkah bisnis Bridgestone Indonesia dalam memberi nilai kepada para pelanggan dan masyarakat, setidaknya ada beberapa hal yang dikerjakan sebagai fokus jangka panjang perusahaan.
Salah satunya diwujudkan melalui inovasi teknologi. Saat ini, Bridgestone Indonesia menerapkan Enliten, sebuah platform teknologi desain ban untuk menghasilkan produk yang berkontribusi positif terhadap lingkungan, sekaligus memiliki kemampuan inti untuk meningkatkan performa produk secara keseluruhan.
Teknologi enliten di produk Bridgestone untuk kendaraan penupang, memungkinkan ban memiliki hambatan gelinding lebih rendah, bobot lebih ringan, serta efisien bahan bakar dan energi lebih tinggi pada kendaraan konvensional maupun elektrik. Teknologi ini, sudah diaplikasikan pada Turanza 6 dan Ecopia EP300.
“Enliten merupakan core design technology yang meningkatkan sustainability sekaligus mengoptimalkan performa ban secara keseluruhan, dengan memungkinkan ‘ultimate customization’ untuk menyesuaikan ban sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan berkendara tertentu,” ujar Anindito Ajireswara, Head of Marketing Planning Bridgestone Indonesia.
Pada lini produk untuk kendaraan niaga, Bridgestone Indonesia menghadirkan solusi untuk mendukung produktivitas armada transportasi nasional. Salah satunya lewat Bridgestone M858, yang dikembangkan untuk memberikan ketahanan maksimal terhadap beban berat, mampu mengatasi kondisi jalan menantang, sekaligus menjaga efisiensi operasional pelanggan.
Melalui sederet keunggulan ban kendaraan niaga tersebut, perusahaan juga memberikan kemudahan bagi para pelanggannya melalui dukungan jaringan luas, yakni Bridgestone Truck Tire Center (BTTC) yang tersebar di 26 titik, dan 8 titik Bridgestone Fleet Point (BFP). Keduanya, memberi layanan inspeksi, perawatan, dan penggantian ban di mana pun konsumen-konsumen beroperasi.
“Kami berkomitmen memastikan setiap kendaraan komersial di jalan memiliki akses terhadap ban yang aman, efisien, dan tahan lama. Melalui jaringan dan solusi yang tepat, Bridgestone hadir sebagai mitra terpercaya yang menjaga kelancaran operasional pelanggan, khususnya para pemilik kendaraan fleet, kapan pun dibutuhkan,” ujar Herry Maylanda, Head of Commercial Business Bridgestone Indonesia.
Sebagai bagian dari komitmennya menghadirkan mobilitas berkelanjutan, Bridgestone Indonesia secara konsisten menjalankan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Hal itu, diwujudkan melalui berbagai program yang berfokus pada keselamatan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan komunitas.
Pada program keselamatan, Bridgestone Indonesia menggagas Road Safety School yang melibatkan lebih dari 600 siswa, guru, dan orang tua di Bekasi untuk meningkatkan kesadaran keselamatan jalan. Sementara program pelestarian lingkungan, perusahaan ini melakukan konservasi dengan menanam 26 ribu pohon mangrove, dilanjutkan pelatihan ekonomi kreatif berbasis sumber daya alam.
Dengan komitmen mobilitas berkelanjutan, Bridgestone Indonesia berhasil mempertahankan PROPER Hijau selama tiga tahun berturut-turut untuk pabrik Karawang, serta meraih PROPER Hijau pertama untuk pabrik Bekasi. Perusahaan juga dianugerahi dua penghargaan di ajang Nusantara CSR Awards 2025 atas kontribusinya dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.
“Dalam tiga tahun terakhir, melalui berbagai aktivitas CSR yang kami jalankan, sebanyak 12.500 jiwa dari total 45 kegiatan telah merasakan dampak positif. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Bridgestone berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang berdampak secara sosial, lingkungan, dan ekonomi,” ujar Delfania Matasik, CSR & Sustainability Associate Lead Bridgestone Indonesia.
Melalui berbagai langkah nyata yang dilakukan, Bridgestone Indonesia terus menegaskan perannya sebagai mitra mobilitas terpercaya bagi masyarakat. Lebih jauh dari sekadar penyedia ban, entitas ini berkomitmen untuk menjaga setiap perjalanan tetap aman dan efisien, sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan serta komunitas sekitar. ##