Jakarta – Chery Technician Skill Contest merupakan kompetisi tahunan yang pertemukan para teknisi dari seluruh diler pabrikan China ini di Tanah Air. Setiap pemenang gelaran ini, akan membawa nama Indonesia untuk berkompetisi di kancah internasional Chery Global Contest, ajang bergengsi untuk menunjukkan kemampuan para teknisi.
Diakomodir oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI), Chery Technician Skill Contest dimulai pada Juni lalu, dengan mengompetisikan training teknikal level satu dan dua. Setelah itu, dilanjutkan sesi tes online untuk menjaring 100 peserta. Enam teknisi terbaik, melanjutkan babak final yang berlangsung pada 29 dan 30 September 2025 di Chery Training Center, Bekasi.
Rifkie Setiawan selaku Head of Brand and Marketing PT CSI mengatakan, bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi setinggi-tinggia kepada para teknisi atas dedikasi, keahlian, dan semangat luar biasa dalam memberikan layanan terbaik. Menurutnya, Chery Technician Skill Contest tegaskan komitmen perusahaan untuk hadirkan keamanan, keselamatan, dan layanan unggul bagi konsumen.
“Kami berharap kompetisi ini menjadi saluran dari putra-putra terbaik Indonesia untuk tampil membuktikan keahliannya dan bisa untuk semakin memotivasi para teknisi dan tenaga ahli Chery di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan serta memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” beber Rifkie.
Melengkapi Chery Technician Skill Contest, merek otomotif ini juga hadirkan program “Angel Training”. Dirancang untuk memberi penghargaan dan manfaat lebih bagi teknisi, mulai dari sertifikat resmi, penghargaan tahunan, insentif khusus, pelatihan langsung ke Chery China, serta jaket dan name-plate eksklusif. Sehingga, para teknisi memiliki kebanggan tersendiri menjalankan tugasnya.
Tak hanya berkutat dengan komponen teknis, para teknisi juga diminta untuk melek teknologi. Oleh karena itu, terdapat sistem bernama “Angel Assistant” yang memudahkan dan lebih cepat menemukan solusi setiap permasalahan pada kendaraan. Kehadiran layanan ini, tentu memperkuat standar pelayanan Chery di setiap jaringan dilernya.
Upaya Chery dalam meningkatkan kualitas teknisi juga diwujudkan melalui kolaborasi strategis dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), menjadikan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi sebagai pusat pelatihan utama.
Kolaborasi ini akan diperluas dengan pendirian Training Center baru di Surabaya, sehingga semakin banyak teknisi di berbagai daerah dapat menjangkau program pelatihan Chery. Langkah ini sekaligus mempercepat penyebaran pengetahuan mengenai kendaraan listrik dan hybrid kepada masyarakat Indonesia.
Melalui penyelenggaraan Chery Technician Skill Contest 2025, didukung dengan program Angel Training, inovasi Angel Assistant, serta pengembangan pusat pelatihan nasional, Chery terus menunjukkan keseriusannya dalam menghadirkan layanan purna jual yang terpercaya, modern, dan berstandar global.