BANGKOK — Mitsubishi Xpander Hybrid dan Mitsubishi Xpander Cross Hybrid diluncurkan di Thailand, hari ini (2/1). Model ini diproduksi di Pabrik Laem Chabang Plant Mitsubishi Motors Thailand.
Xpander Cross Hybrid dan Xpander Hybrid mengawinkan elektrifikasi khas Mitsubishi Motors dan teknologi kontrol semua roda (all-wheel control) untuk meningkatkan daya tarik model ini ke tingkat yang lebih tinggi.
Baru dikembangkan berdasarkan kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV) merek tersebut, sistem HEV (Hybrid Electric Vehicle) menghadirkan pengalaman berkendara ramah lingkungan dan menyenangkan yang unik untuk kendaraan listrik.
Selain itu, Active Yaw Control dan teknologi kontrol semua roda lainnya melengkapi drivetrain dua roda untuk memungkinkan berkendara aman dan terjamin sesuai keinginan, dan berbagai mode berkendara memberikan pengendaraan yang optimal di permukaan jalan apa pun dan dalam kondisi cuaca apa pun. Selain itu, pengemudi dapat secara aktif memilih berkendara EV sesuai situasi, seperti berkendara di kawasan pemukiman yang sepi pada pagi hari.
![Xpander Cross](https://i0.wp.com/otobisnis.id/wp-content/uploads/2024/02/xpander-hybrid-1.jpg?resize=800%2C533&ssl=1)
Sistem HEV menghadirkan fitur berkendara EV (bergerak hanya menggunakan tenaga listrik), berkendara hybrid (listrik dan mesin bensin), dan pengereman regeneratif. Efisiensi bahan bakar yang tinggi serta penggerak motor bertenaga dan menggembirakan dicapai dengan sistem yang secara otomatis beralih ke mode berkendara optimal sesuai dengan kondisi berkendara dan sisa baterai penggerak.
Generator dan motor listrik dengan tenaga maksimum 85 kW dipadukan dengan mesin bensin 1,6 Liter, bersama dengan baterai penggerak khusus yang dikembangkan khusus untuk model ini. Berkat motor listrik bertenaga dan keluaran baterai, torsi terasa cepat saat start dan akselerasi memiliki respon yang baik saat menginjak pedal, sehingga membantu pengemudi berpindah jalur dengan lancar di jalan raya dan menyatu setelah memutar balik di jalanan kota.
![Xpander Cross Hybrid Interior](https://i0.wp.com/otobisnis.id/wp-content/uploads/2024/02/xpander-hybrid.jpg?resize=800%2C533&ssl=1)
Mesin MIVEC4 16-katup 1,6 Liter DOHC yang baru dikembangkan mengadopsi siklus rasio ekspansi tinggi (siklus Atkinson) untuk mencapai tingkat efisiensi pembakaran lebih tinggi sekaligus menggabungkan pompa air listrik pertama yang pernah digunakan di mesin Mitsubishi Motors untuk mengurangi kehilangan mekanis. Hal ini meningkatkan penghematan bahan bakar mesin sekitar 10% dibandingkan dengan model mesin bensin CVT sekaligus meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 34% dalam berkendara perkotaan dalam prosedur pengujian New European Driving Cycle (NEDC), dan sekitar 15 % gabungan mengemudi di perkotaan dan di luar perkotaan.
Interior Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid dilengkapi pengukur layar kristal cair (LCD) berwarna 8 inci, dengan berbagai informasi ditampilkan di layar untuk kemudahan penggunaan yang lebih baik. Informasi khusus untuk HEV ditampilkan, seperti pengukur daya yang menunjukkan status Eco, Power, dan Charge yang sinkron dengan kontrol akselerator, selain aliran energi, efisiensi berkendara EV, dan sisa baterai. Saat berpindah mode berkendara, mode yang dipilih ditampilkan sebagai grafik di tengah layar untuk memudahkan pemilihan mode berkendara bahkan saat mengemudi. Sesuai preferensi, layar dapat diatur ke mode yang disempurnakan dengan nuansa tingkat lanjut, atau ke mode klasik yang mereplikasi konfigurasi pengukur analog.
Kini, kita tunggu penampilan perdana Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid di Indonesia. Kami menduga mereka akan tampil di Indonesia International Motor Show 2024, dari 15-25 Februari di JIEXPO. ##