BRUSSELS — Toyota Motor akan menawarkan inovasi elektrifikasi di segmen kendaraan niaga, pickup 1-ton. Pabrikan asal Jepang ini akan memasarkan Toyota Hilux Hybrid 48V pada pertengahan tahun 2024.
Toyota Hilux Hybrid 48V menggabungkan akselerasi responsif, peningkatan kinerja pengereman, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dengan pengendaraan lebih mulus di jalan raya maupun saat melewati medan berat.
Di lingkungan perkotaan, tenaga tambahan dari sistem hybrid 48V (hibrida ringan) memberikan throttle response dan akselerasi linier yang lebih baik, terutama dari posisi diam, sementara pengereman regeneratif menciptakan sensasi perlambatan yang lebih efektif dan alami.
Sistem stop-start yang ditingkatkan memungkinkan mesin tetap mati dalam jangka waktu yang lebih lama, ditambah dengan keunggulan sistem hybrid 48V, meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5% dibandingkan dengan powertrain diesel konvensional non-listrik.
Selain manfaat efisiensi tersebut, sistem stop-start yang ditingkatkan memberikan kenyamanan berkendara di jalan raya, berkat throttle response yang lebih cepat dari posisi diam dan mesin restart lebih senyap, dicapai karena generator motor terus-menerus terhubung ke mesin dan, tidak seperti sistem konvensional , tidak menggunakan motor starter. Ini juga memungkinkan mesin untuk hidup kembali pada kecepatan yang lebih tinggi.
Peningkatan performa berkendara tidak terbatas pada lingkungan perkotaan dan Toyota Hilux Hybrid 48V, sama dengan warisannya yang termasyhur, secara alami unggul di jalan raya.
Tenaga generator motor memungkinkan akselerasi yang lebih mulus saat melewati medan kasar dan pengereman regeneratif mendukung manuver menuruni bukit lebih aman, sementara kecepatan idle mesin dikurangi dari 720 rpm menjadi 600 rpm yang meningkatkan kemampuan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan dengan mudah.
Untuk pertama kalinya pada Hilux, sistem Multi-terrain Select baru memberikan kinerja dan kontrol lebih baik dengan pilihan untuk menyesuaikan pengaturan kontrol stabilitas kendaraan sesuai dengan kondisi berkendara tertentu.
Sistem Multi-terrain Select baru dapat diatur ke pengaturan otomatis, atau pengemudi dapat memilih salah satu dari lima opsi yang telah ditentukan sebelumnya – Dirt, Sand, Mud, Deep Snow atau Rock – yang dikalibrasi untuk mengatur tenaga dan putaran roda untuk meningkatkan traksi dan kemampuan manuver.
Perhatian khusus diberikan untuk memastikan Toyota Hilux Hybrid 48V memiliki kemampuan melintasi air yang tangguh. Kendaraan pickup kabin ganda ini dapat menembus air hingga kedalaman 700 mm berkat baterai 48V yang kedap air dan konverter DC-DC, sementara anti-selip baru dan langkah-langkah penguatan pada katrol dan sabuk generator motor memastikan kinerja optimal, bahkan saat basah.
Toyota Hilux Hybrid 48V tetap menganut arsitektur body-on-frame dan chassis ladder-frame, memberikan ketahanan dan kekakuan torsi yang luar biasa. Pegas daun kokoh dan tahan lama serta sistem suspensi belakang peredam kejut ganda memadukan kemampuan off-road yang diharapkan dari kendaraan berpenggerak empat roda tangguh dengan kenyamanan berkendara dan pengendalian layaknya SUV.
Toyota Hilux Hybrid 48V menawarkan ground clearance minimum yang terdepan di kelasnya sebesar 310 mm pada Double Cabs, dan sudut pendekatan (approach) dan keberangkatan (departure) masing-masing 29 dan 26 derajat.
Toyota membekalinya dengan teknologi Toyota Safety Sense yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC) with Road Sign Assist (RSA), Adaptive High Beam (AHB). Kendaraan ini pun terkenoksi dengan smartphone penggunanya.
Mesinnya sendiri 2.800cc 4-silinder 16-katup DOHC bertenaga 204 DIN hp (150 kW) pada 3,400 rpm dan torsi 500 Nm antara 1,600-2,800 rpm. Jantung mekanis tersebut dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar common rail, turbocharger nosel variabel, dan intercooler berpendingin air. Upaya pengendalian emisi gas buang meliputi Katalis Oksidasi Diesel, Filter Partikulat Diesel, Reduksi Katalitik Selektif (SCR) dan Injeksi Tambahan Urea. ##