Toyota City — Keluarga Toyota Crown akhirnya lengkap. Hari ini (13/3), Toyota Crown Estate mulai dijual di Jepang, menyusul Crossover, Sport, dan Sedan.
Seperti 3 saudaranya, Toyota Crown Estate mengadopsi arsitektur TNGA (Toyota New Global Architecture). TNGA telah memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan berbagai kendaraan berdasarkan platform yang sangat fleksibel. Hasilnya, Toyota kini mengadopsi Strategi Klaster, mengembangkan produk bukan sebagai penawaran individual, tetapi sebagai kelompok yang terkoordinasi, untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.
Model ini akan tersedia dalam pilihan hybrid electric vehicle (HEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Semuanya menggunakan mesin A25A-FXS 2.5-liter. Konsumsi BBM (bahan bakar minyak) dua varian sekitar 20 km/liter.
Baterai lithium-ion berdensitas tinggi ditempatkan di bawah lantai agar kendaraan dapat menempuh jarak tempuh BEV sejauh 89 km tanpa mengurangi ruang interior, yang memungkinkan pengoperasian pada mode BEV untuk sebagian besar perjalanan harian.
Toyota Crown Estate Hybrid dilengkapi motor depan dengan tenaga meningkat sekitar 50% dibandingkan dengan model Crossover dan Sport. Hal ini memungkinkan akselerasi tanpa stres bahkan saat membawa beban lebih berat, sehingga memberikan pengalaman berkendara lebih santai.
Untuk kenyamanan, model ini menganut konsep Mature Active Cabin, suspensi disetel untuk mempertahankan kemudi presisi dan pengendaraan berkualitas tinggi. Hal ini memastikan para penumpang dapat menikmati perjalanan panjang dengan nyaman tanpa merasa lelah.
Model ini menampilkan DRS (Dynamic Rear Steering, atau dikenal rear-wheel steering) dan Drive Mode yang terdiri dari Normal, Mode Sport, dan Rear Comfort Mode―untuk memberikan pengendaraan bebas stress yang sesuai dengan preferensi pengemudi dan penumpangnya.
Toyota Crown Estate memiliki ruang bagasi berkapasitas 570 liter saat kursi belakang digunakan dan 1.470 liter saat dilipat. Lebih jauh lagi, mobil ini memiliki mekanisme papan ekstensi ruang bagasi baru yang menciptakan ruang datar sepenuhnya sepanjang dua meter saat kursi belakang dilipat, yang pertama untuk kendaraan Toyota. Hal ini memberikan nilai pengalaman baru dalam berbagai situasi seperti saat bersantai dan beraktivitas di luar ruangan.
Lantai area bagasi terbuat dari kain berkualitas tinggi dengan tekstur nyaman, memastikan para pelanggan dapat menyimpan barang penting dengan aman sekaligus menikmati kenyamanan selama berada di dalam kendaraan.
Varian PHEV dijual dengan harga ¥8,100,000 atau setara Rp897 jutaan. Untuk varian HEV ¥6,350,000 atau sekitar Rp703 juta.
Sebagai informasi tambahan, generasi pertama Toyota Crown diluncurkan pada 1955. Pada tahun 2022, Toyota Motor Corporation (TMC) mengenalkan empat model dengan kepribadian berbeda, bukan hanya satu model sedan, kepada dunia sebagai Crown series. ##