JAKARTA — Tidak sedikit model mobil Toyota dibuat secara lokal di Indonesia. Bahkan, penggunaan komponen-komponen buatan dalam negeri di jajaran produknya sudah mencapai lebih dari 80 persen.
Proses produksi kendaraan-kendaraan itu menjadi tanggungjawab PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Menjadi bagian dari bisnis global, perusahaan senantiasa memprioritaskan pencapaian kualitas, keandalan, dan layanan terbaik dalam setiap produk yang dihasilkan.
Adapun, setiap kegiatan atau tahapan dalam proses produksi selalu mengacu untuk mencapai jaminan tertinggi (100%) bagi kepuasan pelanggan, baik dari sisi kenyamanan, keselamatan dan kemudahan akses pelayanan. Namun, perusahaan juga tidak menutup diri untuk memperhatikan suara pelanggan dalam upaya untuk mewujudkan yang lebih baik lagi sejalan dengan prinsip Continuous Improvement Toyota.
Toyota menerapkan konsep Built in Quality, artinya setiap tahap produksi diawasi secara ketat guna memastikan bahwa hasil akhir sesuai dengan standar yang diharapkan. Produk mobil Toyota yang berkualitas, serta kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama.
Sebagaimana diketahui, mobil-mobil Toyota yang lahir di pabrik Karawang bukan hanya memenuhi kebutuhan domestik. Kendaraan-kendaraan baru itu juga menjadi bagian dari ekspor Indonesia ke pasar otomotif di berbagai negara.
“TMMIN senantiasa mengedepankan transparansi dan tidak pernah menutupi jika ditemukan masalah pada produk,” tutur Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Nandi Julyanto, dikutip Rabu (11/6).
Memastikan kualitas produk kendaraannya tetap terjaga, TMMIN menggelar Customer Month 2025 di area pabrik Plant 1 Karawang, Jawa Barat pada pertengahan Mei 2025. Ini merupakan kegiatan dengan tujuan mempererat kerjasama dan meningkatkan kepercayaan para distributor baik dalam maupun luar negeri terhadap kualitas produk dan layanan yang diberikan.
Pentingnya Peran Konsumen
Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam menyebut, Customer Month merupakan sarana untuk mempromosikan dan makin menegaskan komitmen Toyota Indonesia terhadap kualitas produksi kepada para distributor.
Lebih lanjut, Bob mengatakan, acara tersebut dijelaskan prinsip utama TMMIN, yaitu 100 persen Quality Assurance dengan fokus pada kepuasan pelanggan dalam aspek kenyamanan, keselamatan, dan kemudahan akses layanan sebagai prioritas utama. “Melalui forum ini kami juga berharap ada masukan untuk mewujudkan yang lebih baik lagi,” ucapnya.
Selain menjaga kualitas produk, Toyota juga berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Prinsip ‘We Make People Before We Make Product' yang ditanamkan oleh pendiri Toyota, Eiji Toyoda, menjadi landasan bagi perusahaan dalam mengembangkan SDM yang kompeten dan berdaya saing tinggi.
Maka, lanjut Bob Azam, TMMIN, sebagai bagian dari Toyota Global, berkomitmen untuk terus membangun pola pikir proaktif, berpikir positif, dan berbicara berdasarkan fakta dan data.
“Komitmen ini mencerminkan tujuan jangka panjang Toyota untuk menjadi pemimpin global dalam mobilitas yang berkelanjutan, sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional melalui inovasi dan standar kualitas yang tinggi,” kata Bob Azam. ##