TOKYO — Agustus 2022, generasi kedua Subaru XV diluncurkan di Indonesia. Namun, pekan lalu, Subaru Corporation meluncurkan generasi ketiga Subaru XV dengan nama baru Subaru Crosstrek.
Subaru Crosstrek (singkatan dari Crossover dan Trekking) mengawinkan body compact dengan desain yang kokoh dan sporty, serta performa SUV lengkap berkat AWD simetris unik Subaru. SUV crossover diklaim oleh mereka serbaguna dan ideal untuk segala lingkungan berkendara (ground clearance mobil 200 mm).
Mesin Subaru Crosstrek
Subaru menanam mesin 2.0 L DOHC direct injection dan motor e-BOXER, dengan transmisi Lineartronic CVT. namun, perusahaan Jepang ini belum menginformasikan tenaga dan torsi jantung mekanisnya. Sementara suspensi depan dan suspensi belakang mandiri.
Eksterior
Tampilan eksterior Subaru Crosstrek gagah dengan kap mesin tinggi, palang grille tajam, LED headlight, velg 18″, garis-garis body dimanis, dan cladding hitam di fender.
Interior
Didesain menggunakan struktur multi-material dan berlapis-lapis, panel instrumen Subaru Crosstrek menampilkan karakteristik unik dari setiap tekstur material untuk dashboard yang sederhana namun sangat ekspresif.
Bagian atas konsol tengah Subaru Crosstrek ditinggikan, dan kemudahan penggunaan telah ditingkatkan. Penyempurnaan desain ruang penyimpanan yang cerdas menghasilkan keramahan pengguna lebih baik, menghasilkan interior mobil dengan nuansa menyenangkan.
Subaru pun meredesain pegangan-pegangan tarik pintu dalam (inner pull handles) sehingga pengguna dapat membuka dan menutup pintu sambil mempertahankan postur alami.
Layar informasi tengah 11,6 inci mempertahankan ukuran monitornya yang besar untuk kemudahan penggunaan serta desain mutakhir dan ramping dari model sebelumnya sambil memberikan fungsionalitas terintegrasi smartphone yang ditingkatkan. Hasilnya adalah sistem infotainment yang menawarkan operasi intuitif mirip dengan smartphone standar.
Semua jok didesain ulang untuk menopang dan menyelaraskan panggul, yang mencegah gerakan bergoyang kendaraan berpindah ke kepala. Desain ini membuat pengendaraan lebih nyaman dengan mengurangi gerakan berguling selama aksi setir serta goyangan yang disebabkan oleh permukaan jalan tidak rata.
Struktur dudukan kursi telah diubah, dari tipe standar di mana braket digunakan antara kursi dan body kendaraan, menjadi di mana rel kursi dipasang langsung ke body. Pendekatan baru ini meningkatkan kekakuan sambungan pemasangan dan meningkatkan peredaman getaran sekaligus mengurangi goyangan kursi, untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan berkualitas tinggi.
Masih banyak perbaikan dan fitur yang dibawa oleh Subaru Crosstrek yang akan dijual mulai 2023 di Jepang ini. ##