JAKARTA – Sejak dikenalkan 2022 silam, generasi kedua Subaru BRZ selalu mendapat peningkatan fitur. Awal tahun 2024, sports car dua-pintu ini mendapat peningkatan pada bagian kaki-kaki dengan menyematkan sistem pengereman Brembo.
Kali ini, Subaru BRZ 2025 mendapat peningkatan fitur untuk memberikan performa berkendara terbaik bagi penggunanya.
Arie Christopher, CEO Subaru Indonesia menyampaikan, “Subaru BRZ terbaru hadir dengan peningkatan yang signifikan, termasuk handling lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari namun semakin sporty untuk track-day. Peningkatan ini merupakan hasil riset dari kejuaraan Super TaikyuⓇ (Japanese Endurance Race), di mana Subaru BRZ no. 61 dikendarai oleh Takuto Iguchi dan Hideki Yamauchi.”
Peningkatan fitur baru pada Subaru BRZ dikhususkan bagi model tahun 2025. Kembaran Toyota GR86 itu disematkan suspensi baru yang lebih responsif menyesuaikan berbagai kondisi jalan. Apabila melewati speed-bump di kecepatan rendah, pantulan suspensi lebih empuk. Sementara dalam kecepatan tinggi, pantulannya menjadi lebih keras, menunjang kestabilan kendaraan.
Tak hanya suspensi yang diperbaharui, sistem kemudi mobil ini juga diulik ulang. Menurut Ismail Ashlan selaku General Manager Marketing & PR Subaru Indonesia, komponen electronic power steering (EPS) telah direvisi.
“Berdasar pada pemanfaatan teknologi di arena balap, lalu diaplikasikan ke kendaraan produksi massal, Electronic Power Steering dikalibrasi ulang agar pada kecepatan rendah, kemudi menjadi ringan yang memudahkan saat melakukan u-turn maupun manuver parkir. Namun apabila kondisi rpm tinggi, kemudi memberi road feedback 1:1 yang responsif seperti mobil konvensional,” kata Ismail.
Selain itu, Subaru BRZ kini juga memberikan sensasi berkendara makin nikmat berkat penyematan mode SPORT khusus bagi varian bertransmisi manual. Apabila mode berkendara itu diaktifkan, mengubah tampilan display instrument cluster, serta memberi informasi kendaraan lebih baik lantaran angka-angka RPM terlihat lebih jelas.
“Penambahan mode SPORT pada varian manual untuk respons torsi yang lebih instan mulai dari 2.500 rpm. Mode ini sebelumnya hanya tersedia bagi varian bertransmisi otomatis saja, namun saat ini di varian transmisi manual ada tombol serupa di konsol tengah.” tambah Ismail.
Peningkatan fitur pada varian manual, nyatanya diikuti juga pada varian transmisi otomatis. Pabrikan Jepang ini telah memperluas rentang kecepatan mesin yang diizinkan saat melakukan downshift, yang semula penurunan gigi dapat dilakukan di bawah 4.000 rpm, menjadi 5.000 rpm.
Ismail menambahkan, “Rentang kecepatan mesin yang lebih lebar saat downshift pada transmisi otomatis, memungkinkan manuver lebih cepat di tikungan. Kombinasi ini membuat Subaru BRZ menjadi benchmark di segmen sports coupe dari sisi fitur dan value.”
Bagi Subaru, BRZ terbaru hadir dengan sistem kontrol yang mempertimbangkan niat pengemudi berdasar kondisi kendaraan. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk lebih mengendalikan mobil sesuai keinginan mereka. Apalagi, model ini juga memanjakan pengemudi lewat fitur Active Sound Control berupa suara raungan mesin saat gigi transmisi diturunkan.
Perihal performa, Subaru BRZ 2025 tetap mempertahankan mesin Boxer FA24 berkapasitas 2.400 cc 4-silinder. Keluaran tenaganya mencapai 237 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Sportscar berpenggerak roda belakang ini, memiliki keunggulan berupa bobot ringan di bawah 1.300 kilogram, namun tetap aman karena pilar A, B dan C diperkuat baja berkekuatan tinggi.
Mobil ini juga dirancang untuk kepraktisan, dengan kursi belakang yang dapat dilipat rata untuk meningkatkan kapasitas kargo. Kabinnya menawarkan kenyamanan dan fitur modern, termasuk layar infotainment 8 inci dengan integrasi Apple CarPlay™ dan Android Auto™, serta kamera belakang.
Sederet pembaruan fitur yang disematkan pada kendaraan ini, banderol Subaru BRZ tak mengalami kenaikan dengan varian transmisi manual seharga Rp 885 juta, dan RP 895 juta untuk varian trnasmisi otomatis on the road Jakarta. Model ini akan mulai dikirimkan kepada para pelanggan pada akhir Oktober 2024. ##