JAKARTA — Servis rutin motor menjadi kunci emisi motor Anda tidak akan melebihi ambang batas. Jika Anda melakukan servis rutin motor bulanan maka dipastikan uji ambang batas gas buang motor Anda akan baik.
“Tidak usah khawatir, jika selama ini motor Anda rutin dirawat di bengkel resmi dipastikan uji emisi akan baik. Rutin melakukan servis memiliki banyak keuntungan mulai dari kondisi motor tetap prima dan juga ikut menekan polusi udara,” jelas Benedictus F. Maharanto, Head of Technical Service Department PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepedamotor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang.
Menghindari kepanikan tidak lolos uji emisi, tim Technical Training WMS punya beberapa tips terkait asap kendaraan. Secara umum hasil pembakaran yang dikeluarkan lewat knalpot terlihat ada dua warna yaitu asap putih dan hitam.
Asap putih atau hitam menandakan adanya masalah teknis bagian mesin motor apalagi jika motor yang digunakan dengan tipe 4-stroke. Sistem 4-stroke adalah mesin yang memang didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan asap pembuangan mesin.
Tim Senior Training Analyst WMS, Wahyu Budhi, beri beberapa info terkait asap yang dihasilkan motor Anda:
Asap Putih
Asap putih knalpot lumrah jika dihasilkan dari mesin pembarakan 2-stroke, namunjika dari mesin 4-stroke kemungkinan ada beberapa komponen bermasalah. Terdapat beberapa penyebab munculnya asap putih seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup.
Selanjutnya kebocoran seal katup, kebocoran ini sering terjadi jika seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor sehingga oli dapat masuk ke dalam manifold.
Biang keladi asap putih lainnya adalah pembengkokan katup klep sehingga posisinya tidak dapat diatur dan terjadi kelonggaran. Celah longgar inilah yang menyebabkan oli mudah masuk ke ruang bakar. Kemungkinan terakhir jauh dari masalah teknis mesin, yaitu penggunaan jenis knalpot khususnya racing agar dapat bertahan dari suhu panas maka disemprotkan oli sehingga hasilkan pembakaran dalam knalpot.
Asap Hitam
Sama dengan di atas, mesin dengan tipe 4-stroke tidaklah mengeluarkan asap berwarna apalagi hitam. Indikator awal biasanya muncul dari banyaknya timbunan kerak karbon di ruang bakar. Jangan Khawatir solusinya cukup mudah dengan membersihkan kerak yang menempel di kepala silinder.
Asap Warna hitam juga menjadi adanya kebocoran pada klep in sehingga bensin lebih banyak masuk ke ruang bakar dan solusinya dibutuhkan skir klep. Masih dari rangkaian pembakaran, Asap Hitam juga bisa disebabkan lubang main jet atau slow jet (spuyer) aus sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. Kotoran juga bisa jadi satu penyebab, apalagi kotoran yang menumpuk pada filter udara.
Busi juga mendukung faktor terjadinya asap. Busi yang tidak baik akan membuat pembakaran ruang bakar mesin tidak bekerja maksimal. Jika seluruh rangkaian di atas baik-baik saja, penyetelan stationer mesin yang tidak tepat juga bisa jadi pemicu asap. ##