Jakarta — Di tengah penjualan mobil 2024 mengalami penurunan, MG (Morris Garages) Indonesia justru menorehkan performa positif. Penjualan MG Indonesia 2024 naik 300% dibandingkan tahun 2023, menjadi lebih dari 4.000 kendaraan.
Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mengungkap penjualan mobil 2024 turun menjadi 865.723 unit, dari 1.005.802 unit pada tahun 2023.
Pendorong kenaikan penjualan MG Indonesia 2024 disebabkan peluncurkan beberapa model di berbagai segmen. Pada awal tahun, MG meluncurkan versi completely knockdown (CKD) dua kendaraan listriknya, MG 4 EV dan MG ZS EV, yang memenuhi persyaratan TKDN dari pemerintah. Hal ini menghasilkan kendaraan-kendaraan listrik yang lebih terjangkau dan mudah diakses oleh para pelanggan.
Pada Maret 2024, MG pun menghadirkan produk kendaraan hybrid pertamanya di Indonesia, MG VS HEV. Peluncuran ini melengkapi eksistensi MG di berbagai segmen pasar otomotif Indonesia, baik kendaraan ICE, hybrid, hingga BEV.
Di GIIAS 2024, brand asal Inggris ini meluncurkan roadster EV satu-satunya di dunia, MG Cyberster. Kendaraan listrik performa tinggi ini mengusung pengalaman berkendara menakjubkan. Dengan motor listrik bertenaga lebih dari 530 PS dan torsi sebesar 725 Nm, roadster listrik ini bisa melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik saja.
Di sisi lain, MG menjalin kemitraan dengan Unified Advanced Battery System (UABS) Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara produsen baterai global UABS Co. dan PT Agung Kentjana Abadi, untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung industri lokal, mendukung langkah pemerintah menuju transportasi yang lebih berkelanjutan, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.
Tahun lalu menyaksikan penambahan jumlah outlet MG sehingga mencapai 42 jaringan di berbagai wilayah di Indonesia. Angka tersebut meningkat cukup jauh dari tahun sebelumnya yang ditutup dengan jumlah 15 dealer di Indonesia.
Tidak hanya itu, MG tahun ini membuka flagship dealer pertama di Indonesia yang berkonsep 3S (Sales, Service, Spare Parts) ditambah dengan fasilitas body & paint yang berlokasi di BSD City, Tangerang.
MG juga membuka city store pertamanya di kawasan bisnis dan gaya hidup terkemuka di Jakarta, SCBD. Pada tahun 2025, MG berencana untuk mendirikan lebih dari 80 outlet guna memperkuat layanan bagi para pelanggan di Indonesia.
“Tahun 2024 merupakan tahun yang spesial dalam perjalanan kami di Indonesia. Tahun ini menandai 100 tahun inovasi otomotif global MG dalam hal performa dan mobilitas. Membawa momentum perayaan hari jadi, kami memperkenalkan berbagai terobosan dan inovasi dari MG untuk meramaikan industri otomotif Indonesia di tahun keempat ini. Memegang semangat ‘We Care’, kami pun akan terus berkomitmen untuk berinovasi melalui lini produk terdepan serta meningkatkan layanan penjualan dan purna jual MG bagi para konsumen Tanah Air,” ungkap He Guowei, Chief Executive Officer MG Motor Indonesia.
Pada tahun 2025, MG berencana mendatangkan beberapa produk lainnya di berbagai segmen. Perusahaan mempersiapkan produk SUV terbaru di segmen ICE, hybrid, dan BEV, serta berencana untuk memperkenalkan produk MPV keluarga pertamanya untuk pasar Indonesia. ##