Selasa, Desember 23, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Mobil Hybrid Honda Hadir di GIIAS 2022, Jembatan Menuju Elektrifikasi

by Reza Agis
Agustus 16, 2022
Mobil Hybrid Honda
Share on FacebookShare on Twitter

Tangerang – Siap masuki elektrifikasi, Honda perkenalkan dua mobil bertenaga hybrid e:HEV pada ajang pameran GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2022.

Bagi Honda, mobil berteknologi hybrid yang digunakan model e:HEV akan menjadi jembatan transisi menuju elektrifikasi sepenuhnya di masa mendatang.

Tidak hanya itu, disampaikan juga Honda akan terus memperkenalkan model-model elektrik lainnya di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Rencana tersebut sejalan dengan target Honda mencapai netralitas karbon (Zero Carbon) untuk semua produk maupun aktivitas perusahaanya pada tahun 2050.

Baca Juga :

Changan Deepal S07 Tawarkan Desain Elegan khas Italia dan Keamanan Baterai Tingkat Tinggi

MGS5 EV dan MG ZS Hybrid akan meluncur tahun 2026

Mazda Indonesia akan luncurkan beberapa model SUV pada 2026

Mobil Hybrid Honda

Honda juga umumkan akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahunnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Honda menjalankan inisiatif e:Technology yang merupakan rencana elektrifikasi untuk tiga pilar produk Honda, yaitu mobil, sepeda motor, dan power product. Simbol “e:” mengacu pada “energy” dan “elektrifikasi” yang memberikan semangat (energize).

Honda berusaha mewujudkannya dengan menciptakan teknologi elektrifikasi, sekaligus meningkatkan efisiensi dan kebersihan dari mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine) yang ada saat ini. Untuk produk mobilnya, teknologi Hybrid atau disebut sebagai e:HEV merupakan pendorong utama Honda yang digunakan Honda saat ini untuk mencapai visi elektrifikasinya.

“Bagi Honda, teknologi harus selalu mengikuti kebutuhan konsumen dan lingkungannya. Kami menilai bahwa teknologi hybrid merupakan jembatan yang tepat sebagai transisi dari teknologi mesin berbahan bakar minyak menuju elektrifikasi sepenuhnya, karena memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengenal dan membiasakan diri dengan teknologi baterai,” ungkap Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor.

Honda mengklaim Teknologi e:HEV merupakan sistem hybrid ramah lingkungan yang memberikan performa dan kenyamanan berkendara dari kecepatan rendah, menengah hingga maksimal. Teknologi e:HEV adalah sistem dengan tingkat kebebasan dimana kedua motor dan mesin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi.

Sistem Honda e:HEV terdiri dari empat komponen utama, yaitu Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), Intelligent Power Unit, dan Power Control Unit. Atkinson Cycle Engine merupakan mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin. Pada sistem e:HEV, mesin ini berfungsi untuk memberikan tenaga kepada motor generator sehingga dapat menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai.

Putaran mesin kemudian diteruskan oleh motor generator yang berada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dengan efisiensi tinggi dan mengisi daya baterai. Sementara motor drive di dalam e-CVT berfungsi menyalurkan putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, serta menghasilkan daya listrik saat deselerasi.

Kinerja motor pada E-CVT dikontrol oleh Power Control Unit yang juga sekaligus berfungsi untuk mengontrol kebutuhan listrik antara baterai dan motor. Daya listrik pada sistem Honda e:HEV disimpan dalam Intelligent Power Unit yang menggunakan Lithium Ion Battery berkapasitas tinggi. Unit ini mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 300V.

Sistem Honda e:HEV mempunyai tiga mode berkendara, yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi pengendaraan dan beban mesin. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada bensin yang digunakan.

Saat mobil Honda berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan model Hybrid dimana mesin dan baterai bekerja bersamaan untuk menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, dimana mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar sekaligus mengisi daya baterai secara bersamaan.

“Sistem Honda e:HEV akan sangat mudah diterima oleh konsumen karena tidak terdapat banyak perbedaan baik dari cara berkendara maupun perawatan kendaraannya. Meskipun demikian, sistem hybrid sudah dapat secara signifikan memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan,” jelas Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor.

Untuk memperkenalkan teknologi e:HEV pada konsumen, Honda menampilkan dua model e:HEV di ajang GIIAS 2022, yaitu Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. Kedua model tersebut karena saat ini telah dipasarkan dan sukses diterima oleh konsumen di berbagai negara. Konsumen juga berkesempatan untuk mencoba langsung model e:HEV Honda melalui unit test drive CR-V Hybrid yang tersedia di area test drive pada GIIAS 2022.

Tags: HOnda eHEVMOBIL HYBRIDPT Honda Prospect Motor
Previous Post

Isuzu Singkap 3 Layanan Digital untuk Mudahkan Konsumen

Next Post

Wow, Durasi Pengisian Baterai Wuling Air EV Hanya 4 Jam

Related Posts

Deepal S07
Berita

Changan Deepal S07 Tawarkan Desain Elegan khas Italia dan Keamanan Baterai Tingkat Tinggi

Desember 20, 2025
MGS5 EV
Berita

MGS5 EV dan MG ZS Hybrid akan meluncur tahun 2026

Desember 19, 2025
Mazda Indonesia
Berita

Mazda Indonesia akan luncurkan beberapa model SUV pada 2026

Desember 17, 2025
Chery Tiggo 8 CSH
Berita

Chery Tiggo 8 CSH Paket Lengkap Sebagai Mobil Keluarga

Desember 17, 2025
Qualcomm Snapdragon 8155 LEPAS L8
Berita

Lepas L8 adopsi prosesor kelas atas Qualcomm Snapdragon 8155

Desember 14, 2025
Kia Seltos 2026
Berita

All-new Kia Seltos 2026 akan sediakan mesin turbo dan hybrid

Desember 11, 2025

TERBARU

Suzuki Peduli Banjir Sumatera
Berita

Suzuki Peduli Banjir Sumatera tawarkan diskon perawatan, perbaikan

Desember 23, 2025
Promo Gebyar Desember 2025
Berita

Diskon 25% jasa servis motor matic Honda di semua AHASS Jakarta Tangerang

Desember 23, 2025
HYPTEC HT GAC GROUP
Berita

Baterai baru GAC Group bisa jelajah >1000km

Desember 23, 2025
BYD Denza N8L
Berita

BYD rayakan produksi 15 juta kendaraan energi baru

Desember 22, 2025
Vinfast VF 3
Berita

Vinfast tegaskan bukan hanya produksi dan jual mobil listrik

Desember 22, 2025
Jetour T2
Berita

Beli Jetour T2 sekarang dapat harga spesial, garansi 6 tahun, gratis perawatan

Desember 21, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jetour T2
Berita

Review Jetour T2 di jalan aspal dan lintasan offroad

Desember 20, 2025
Tank 300 Diesel 4x4
Berita

Review Tank 300 Diesel 4×4

Desember 8, 2025
Wuling Darion PHEV
Berita

Lampaui klaim Wuling, Darion PHEV tembus 1200 kilometer

November 14, 2025
Geely EX5
Berita

Review Geely EX5

November 1, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
  • Manage options
  • Manage services
  • Manage {vendor_count} vendors
  • Read more about these purposes
View preferences
  • {title}
  • {title}
  • {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.