JAKARTA — Di tengah persaingan yang semakin ketat, Toyota berhasil mengamankan posisinya dengan market share di atas 30%, pada tahun 2023. Sepanjang Januari-November 2023, market share Toyota mencapai 33,1% dengan angka penjualan 304.736 unit.
Dengan begitu, Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30% selama 5 tahun terakhir meskip banyak brand kendaraan roda-empat bermunculan di Indonesia.
Whole sales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari – November 2023 juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3%. Naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Dengan visi Mobility for All, kehadiran xEV kebanggaan nasional Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.
“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terimakasih atas loyalitas para pelanggan yang memercayakan produk-produk kami sebagai mobility solution. Kami juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi kami meningkat dan masyarakat masih mempercayai kami sebagai pilihan utama mobilitas. Hasilnya adalah whole sales xEV Toyota pada Januari – November 2023 naik 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama stake holder untuk memberikan peace of mind,” jelas Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto.
Sepanjang tahun 2023 mereka termasuk salah satu brand paling agresif, dengan meluncurkan 13 model baru, baik kendaraan komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi.
Khusus xEV, PT TAM secara resmi melakukan world premiere Yaris Cross HEV pada Mei 2023. Hybrid EV terbaru Toyota ini memperoleh sambutan luar biasa berkat fungsionalitas yang tinggi, low emission, dan harganya semakin terjangkau lantaran diproduksi secara lokal bersama Kijang Innova Zenix HEV. RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai xEV paling fleksibel hadir pada Agustus 2023.
Tiga kontributor terbesar penjualan mereka periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit. Popularitas Kijang Innova Zenix berhasil mendampingi Avanza sebagai sesama local pride sekaligus lokomotif penjualan mereka tahun ini.
Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.
Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total sales Toyota tahun ini. Naik signifikan dari total penjualan medio 2020 – 2022 sebanyak 7.411 unit atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.
Apakah market share Toyota akan bertambah pada 2024? Kita lihat saja. ##